IBX5828CB0982D9D Bangunan-Bangunan Paling Bersejarah Di Indonesia, Bisa Dijadikan Sebagai Tempat Liburan - Vestyles.com

Yosua Jimmy Agustio - Sabtu, 09 Juni 2018

Vestyles.com - Indonesia memang negara dengan kekayaan yang sangat beragam, mulai dari kekayaan suku, bangsa, bahasa, adat istiadat, budaya, dan bahkan sejarahnya. Karena Indonesia menjadi negara dengan jumlah wilayah yang banyak, hal ini menjadikan banyak tempat di Indonesia yang  memiliki nilai sejarah tinggi. Segera cek situs jual tiket pesawat murah untuk menjelajahi berbagai tempat di Indonesia, seperti berbagai tempat bersejarah berikut ini yang banyak diincar oleh wisatawan saat musim liburan.

#1. Candi Borobudur

Salah satu bangunan paling bersejarah di Indonesia yang pertama adalah Candi Borobudur. Candi ini didirikan pada masa Raja Samaratungga dari wangsa Syailendra pada tahun 825 M dan merupakan candi Budha terbesar di dunia. Candi ini memiliki tinggi 42 m dengan 10 tingkat yang mewakili kamadhatu, rupadathu dan arupadhatu yang dibangun secara detail dengan menorehkan 2.672 panel relief oleh seorang arsitek yang bernama Gunadharma.

Candi Borobudur dibangun dengan teknik tinggi, terbuat dari batu kali yang tersusun rapi dengan sistem interlock (saling mengunci satu sama lain). Bangunan ini menjadi bukti kedikdayaan kerajaan Budha di Indonesia pada jaman dahulu sekaligus menjadi situs warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO.

#2. Tugu Monumen Nasional

Cek situs jual tiket pesawat murah untuk berkunjung ke Jakarta dan menikmati monumen bersejarah bernama Monas. Monumen Nasional atau yang biasa disebut dengan Monas merupakan sebuah bangunan berbentuk tugu dengan puncaknya berbentuk lidah api dilapisi oleh emas 24 karat. Bangunan ini terletak di Lapangan Medan Merdek, Jakarta Pusat.

Monument Nasional didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari colonial Hindia Belanda. Di dalam bangunan yang memiliki tinggi sekitar 132 meter ini terdapat sebuah Museum Sejarah Nasional yang menampilkan diorama-diorama tentang sejarah Indonesia pada masa perjuangan dulu.

#3. Tugu Pahlawan

Pesan hotel online booking di reservasi.com untuk menikmati keindahan tugu Pahlawan yang ada di Surabaya. Tugu Pahlawan merupakan sebuah monument yang menjadi markah tanah Kota Surabaya, 
bangunan ini memiliki tinggi sekitar  41 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November  1945 di Surabaya, dimana para pejuang bertaruh nyawa melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia. Maka dari itu, setiap tanggal 10 November diperangati sebagai Hari Pahlawan untuk mengenang para pahlawan yang gugur demi mempertahankan kemerdekaan.

Masjid yang berada di Jakarta Pusat ini merupakan masjid salah satu masjid kebanggaan Indonesia sekaligus menjadi bukti sejarah, nama Istiqlal berasal dari bahasa Arab yang berarti merdeka. Seperti namanya masjid ini memang menjadi cerminan kebersaman dalam kebhinekaan dan keragaman agama di Indonesia. Masjid yang mulai dibangun pada 24 Agustus 1951 ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara dan Asia Timur. 

Masjid ini dibangun sebagai tanda syukur pemerintahan Indonesia atas kemerdekaan yang mereka raih pada tahun 1945. Yang membuat masjid ini unik adalah dirancang oleh seorang Protestan yang bernama Frederih Silaban sehingga tidak salah jika Masjid Istiqlal menjadi simbol kebhinekaan.

#4. Benteng Fort Rotterdam, Makassar

Bangunan paling bersejarah lainnya yang ada di Indonesia adalah Benteng Fort Rotterdam. Bangunan ini merupakan sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Benteng ini terletak di pinggir pantai sebelah barat Kota Makasar, Sulawesi Selatan. Benteng Fort Rotterdam merupakan markas pasukan katak kerajaan Gowa. Pada awal berdirinya, benteng ini berbahan dasar tanah liat, namun kemudian kontruksinya diganti dengan batu padas pada masa Sultan Alauddin.

Benteng ini pada awalnya bernama Benteng Ujung Pandang. Namun berubah nama menjadi Fort Rotterdam saat Belanda mengambil alih benteng ini sebagai bagian dari perjanjian Bungayya antara Kerajaan Gowa dan Belanda. Benteng ini menjadi bukti perlawanan masyarakat bugis terhadap penjajah. Segera pesan hotel online booking di reservasi.com untuk berkunjung ke Makassar, selain benteng Rotterdam tentunya masih ada banyak tempat menarik yang wajib dijelajahi di Makassar.

#5. Museum Bung Karno, Blitar

Satu lagi bangunan bersejarah di Indonesia adalah Museum Bung Karno yang berada di Blitar. Museum ini berlokasi di komplek perumahan yang menjadi tempat tinggal Bung Karno dulu.

Tempat ini menjadi sangat bersejarah bagi masyarakat Indonesia karena tokoh proklamator sekaligus presiden pertama Indonesia tumbuh dan meninggal di tempat tersebut. selain terdapat makam Bung Karno, di tempat ini juga terdapat perpustakaan dan museum yang menyimpan barang-barang bersejarah milik Bung Karno.

Salah satu yang paling menarik perhatian pengunjung adalah adanya lukisan Bung Karno yang jika dilihat dari sudut yang tepat terlihat bergerak tepat di bagian Jantung. Terlepas dari adanya lukisan tersebut, Museum ini menjadi bukti sejarah yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia.

Selain berbagai tempat yang disebutkan di atas, tentunya masih ada banyak tempat lainnya di indonesia yang memiliki nilai sejarah tinggi yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berlibur. Segera cek situs jual tiket pesawat murah untuk mengunjungi berbagai tempat lainnya di wilayah Indonesia.

 (vestyles.com)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan