IBX5828CB0982D9D Tips Memilih dan Merawat Rice Cooker - Vestyles.com

Emilia Yuuichi - Minggu, 01 Oktober 2017


Vestyles.com - Rice cooker adalah sebuah alat penanak nasi yang memanfaatkan energi listrik. Rice Cooker sendiri pada mulanya ditemukan oleh seorang tentara jepang beranam Yoshitada Minami pada tahun 1937, rice cooker yang dibuatnya memiliki bahan sederhana hanya dibuat dari wadah kayu serta sebuah lempengan logam. Hingga akhirnya terinspirasi dari tentara Jepang tersebut MEC (Mitshubishi Electric Corporation) membuat dan menyempurnakan bentuk rice cooker lebih baik pada tahun 1945 dan diperdagangkan secara massal.

Sampai sekarang di era modern ini rice cooker sudah mendapatkan berbagai penyempurnaan yang lebih praktis dan canggih dalam penggunaannya. Rice cooker memiliki peran yang sangat baik dalam membantu para ibu rumah tangga saat akan menyiapkan masakan, terutama dalam menanak nasi. Berbeda dengan kompor tungku atau dengan kompor gas, dengan menanak nasi menggunakan rice cooker anda hanya perlu memasukkan beras yang sudah dicuci dan beberapa gelas air, dalam hitungan menit beras akan berubah menjadi nasi.

Pada dasarnya saat ini rice cooker sudah banyak varian yang memiliki single fungsi ataupun multifungsi dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Nah jika anda ingin membeli rice cooker berikut beberapa tips untuk anda simak:

1. Pilih Rice Cooker dengan harga murah
Saat akan membeli Rice Cooker hal yang paling perlu anda pikirkan adalah masalah harga, pilihlah rice cooker dengan harga yang sesuai dengan budget anda. Karena ada beberapa rice cooker yang dibanderol dengan harga yang sangat tinggi tetapi dengan kemampuan yang tidak terlalu canggih. Usahakanlah mencari rice cooker dengan harga yang benar-benar terjangkau tetapi dengan kualitas yang baik pula.

2. Beli Rice Cooker yang bergaransi
Mungkin tips ini berlaku untuk setiap pembelian barang apapun wajib memiliki garansi, itu juga berlaku dalam memilih dan membeli rice cooker, usahakanlah yang bergaransi. Walaupun harganya terbilang lebih mahal, tetapi jika barang tersebut mengalami kerusakan anda dapat menyervis rice cooker tersebut dengan Cuma-Cuma bahkan diganti dengan barang yang baru. Perlu diingat juga belihlah merk rice cooker yang sudah memiliki service center ditempat anda, untuk mempermudah saat akan klaim garansi.

3. Pilih Rice Cooker yang hemat listrik
sudah menjadi pengetahuan umum jika menggunakan rice cooker untuk menanak nasi akan membuat pemakaian listrik lebih boros. Maka dari itu usahakanlah cari rice cooker yang benar-benar hemat daya listrik, sehingga anda bisa menekan pengeluaran biaya rumah tangga.

4. Gunakan Rice Cooker yang sudah terkenal di kalangan masyarakat
Dengan memilih rice cooker yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang, akan lebih terjaga kualitas dan harganya, sehingga menghindari dari salah beli rice cooker. Selain itu juga anda akan lebih terbantu dalam pemakaiannya karena bisa meminta bantuan kepada orang-orang di sekitar anda yang sudah memakai terlebih dahulu.

5. Beli Rice Cooker yang mudah untuk dibersihkan
Hal yang paling penting selanjutnya dalam memilih rice cooker adalah rice cooker yang mudah untuk dibersihkan. Karena rice cooker yang mudah dibersihkan tentunya juga akan lebih mudah dalam perawatan, Sehingga rice cooker akan lebih tahan lama.

6. Pilihlah rice cooker dengan komponen yang bagus
Sebelum membeli rice cooker anda juga disarankan untuk lebih jeli dalam memperhatikan komponen-komponen yang ada pada sebuah rice cooker. Contohnya jika bahan yang digunakan lebih enteng dan ringkih perlu anda jadikan sebuah pertimbangan karena rice cooker dengan bahan-bahan seperti itu akan lebih mudah rusak.

7. Pilihlah Rice Cooker dengan berbagai fasilitas yang benar-benar anda butuhkan
Karena ada beberapa rice cooker yang sudah dilengkapi dengan berbagai kecanggihan yang sangat memudahkan penggunanya. Seperti contoh ada beberapa rice cooker yang bisa digunakan untuk mengukus kue, untuk menggoreng berbagai masakan seperti telur, ayam dll. Tentunya dengan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan itu akan lebih mahal harganya. Maka dari itu cukup belilah rice cooker yang sangat diperlukan oleh anda.

8. Ukuran Rice Cooker
Memilih rice cooker dari ukurannya pun sangat penting untuk anda lakukan dan pertimbangkan. Sesuaikanlah dengan ruangan yang anda miliki di rumah khususnya dapur dengan ukuran rice cooker yang akan anda beli, selain itu juga jika anda hanya memiliki jumlah anggota keluarga yang sedikit cukup beli rice cooker yang memiliki ukuran yang sedang saja.

9. Pilihlah Rice Cooker dengan kemampuan menanak nasi yang baik secara merata
Banyak rice cooker yang beredar dipasaran memiliki kemampuan menanak nasi yang kurang baik, nasi yang dihasilkan kadang memiliki warna kuning dan kematangan nasi yang kurang merata. Jadi hal yang perlu anda lakukan dalam memilih rice cooker dengan kemampuan yang baik dalam menanak nasi.

Maka jika diambil sebuah kesimpulan untuk membeli dan memilih sebuah rice cooker anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti yang sudah diterangkan di atas. Untuk lebih membantu anda berikut beberapa merk rice cooker yang sudah terbukti memiliki kualitas yang baik dengan harga terjangkau pula:

Yongma
Merk pertama yang disarakan untuk anda beli adalah Yongma. Yongma merupaka sebuah perusahaan yang memproduks penanak nasi terbaik yang sudah terkenal di Indonesia.  dalam penggunaan unitnya pun Yongma sangat mudah untuk dioperasikan. Tapi yang penting dari semuanya Yongma dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau oleh daya beli masyarakat Indonesia.

Cosmos
Merk yang kedua untuk anda jadikan referensi adalah Cosmos. Cosmos memang sudah terkenal sejak dahulu dalam membuat dan memasarkan alat penanak nasi dengan kualitas yang baik dengan harga yang relatif murah.

Sharp
Rice cooker dari Sharp juga memiliki kualitas yang baik, jadi merk Sharp bisa dijadikan list untuk dipertimbangkan oleh anda jika akan membeli sebuah penanak nasi. Desain yang ditawarkan Sharp juga terbilang memiliki desain yang menarik dan dengan tampilan yang unik pula.

Nah jika anda sudah memiliki rice cooker dengan kualitas yang baik anda juga diharuskan melakukan perawatan rutin dan benar terhadap rice cooker anda, berikut beberapa tips cara merawat rice cooker:

1. Hal yang pertama untuk anda lakukan agar rice cooker menjadi tahan lama, anda harus melakukan perawatan terhadap barang tersebut seperti contohnya menghindari memasak air di dalam rice cooker. Karena rice cooker digunakan untuk memasak air, hanya akan membuat umurnya menjadi lebih pendek atau dengan kata lain cepat rusak.

2. Hindari juga mencuci beras di dalam panci, jika anda sering melakukan hal itu cepat-cepatlah rubah kebiasaan buruk tersebut. Karena jika panci tersebut digunakan untuk mencuci beras hanya akan membuat teflon atau lapisan panci menjadi lebih cepat rusak.

3. Hindari juga mencuci panci dengan alat cuci yang berbahan kasar, penting untuk merawat rice cooker menjadi lebih awet gunakanlah bahan yang lembut seperti spons untuk mencuci panci tersebut.

4. Cabutlah kabel jika tidak lagi digunakan, jika rice cooker sudah tidak digunakan cepatlah cabut kabel pada colokan. Bukan hanya menghemat listrik tetapi juga akan jauh lebih membuat rice cooker memiliki umur yang panjang.


 (vestyles.com)

«
Next
...
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan