IBX5828CB0982D9D 7 Hal yang Wajib Anda Lakukan Untuk Hilangkan Insomnia - Vestyles.com

Emilia Yuuichi - Rabu, 18 Mei 2016

Vestyles.com - Insomnia merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat. Insomnia atau susah tidur merupakan penyakit yang banyak diderita oleh mereka yang kelelahan karena bekerja terlalu ekstra. Mereka bisa dikatakan insomnia pada saat tidak bisa tidur selama 3 hari dalam seminggu. Akibat dari kurang tidur atau insomnia ini yaitu tubuh yang menjadi cepat lelah, tidak dapat berkonsentarsi penuh keesokan harinya, depresi, kecemasan hingga penyakit jantung.

Mereka yang mengalami insomnia akan melakukan segala cara agar dapat tidur dengan lelap yaitu dengan cara minum susu coklat hangat, mandi air hangat hingga mengkonsumsi obat tidur yang sebenarnya tidak boleh dilakukan.  Menurut Kim Jones seorang kolumnis di situs Mirror.co.uk ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan agar terhindar dari insomnia.

Berikut 7 cara yang dapat anda lakukan untuk terhindar dari insomnia :
1.    Tarik Napas Lewat Hidung Sebelah Kiri
Cara pertama yang dapat anda lakukan yaitu dengan metode menarik napas lewat hidung sebelah kiri sambil berbaring menghadap kiri. Cara ini dianjurkan oleh terapis tidur holistic Peter Smith. Metode ini dapat mengurangi tekanan darah dan membuat anda menjadi jauh lebih tenang.

2.    Meremas Jari-Jari Kaki
Cara kedua yang dapat anda lakukan yaitu dengan meremas jari-jari kaki. Cara ini dianjurkan oleh Charles Linden seorang pakar kecemasan. Lindes menyarankan anda melakukan cara ini sambil berbaring terlentang kemudian menarik napas secara perlahan lalu remaslah jari-jari kaki dengan erat sambil seolah-olah anda mencoba untuk meringkuk dan kemudian lepaskan secara perlahan.

3.    Cobalah Tetap Terjaga Karena Ini Akan Membuat Pikiran Anda Memberontak
Mencoba untuk tetap terjaga dan terus mebelalakan mata akan membuat anda menjadi lelah dan tertidur. Cara ini disebut sleep paradox oleh psikoterapis Julie Hirst.

4.    Bikin Daftar Penyebab Anda Cemas
Salah satu penyebab insomnia adalah adanya hal-hal yang belum terselesaikan sehingga anda menjadi cemas. Untuk masalah yang satu ini anda bisa mencatat hal-hal yang belum terselesaikan tersebut dan kemudian dapat diselesaikan besok hari.

5.    Tutup Mata Lalu Putar Bola Mata 3 Kali
Cara ini diduga ampuh untuk membawa anda tertidur. Karena cara ini bisa mensimulasi agar anda mengantuk hal ini dikarenakan pada saat tidur mata anda melakukan hal tersebut. Simulasi ini akan melepaskan hormon melatonin yaitu hormon yang dapat menyebabkan kantuk.

6.    Membayangkan Tempat Dan Pemandangan Yang Indah
Cara ini disebutkan oleh Sammy Margo seorang pengarang buku The Good Sleep Guide. Cara ini dikatakan ampuh untuk membuat anda rileks dan tertidur.

7.    Tekan Area Dekat Alis Dan Ujung Atas Hidung
Melakukan selama 20 detik dengan cara menekan area dekat alis dan ujung atas hidung dan diulangi selama 2 kali. Kemudian anda bisa duduk ditepi kasur dan posisikan kaki kanan anda dilutut kiri lalu tekan diantara jempol kaki dan jari  ke2 dengan cara yang sama. Cara ini bisa membantu anda untuk tidur.
(vestyles.com)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan