IBX5828CB0982D9D Mengulas Fakta Unik Seputar Keju - Vestyles.com

Emilia Yuuichi - Kamis, 10 Maret 2016

Vestyles.com - Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan. Keju merupakan salah satu makanan yang disukai banyak orang diseluruh dunia dengan rasa gurih dan lezat. Keju di produksi di banyak negara dan ada lebih dari 700 varietas keju di berbagai belahan dunia. 

Beberapa negara penghasil keju dengan rasa keju yang lezat antara lain Belanda yang terkenal dengan keju Edam dan Gouda, Italia dengan keju populernya yaitu Mozzarella, Prancis, Inggris, Amerika, Swiss dan lain-lain. Masih banyak lagi fakta unik seputar keju yang bisa menambah wawasan keju-mu, cekidot ya.

#Asal Kata Cheese

Banyak yang menyangka kata keju berasal dari bahasa Inggris atau bahasa Yunani. Faktanya kata cheese berasal dari bahasa Latin "caseus" yang berarti difermentasi atau menjadi asam.

#Produksi Keju dan Jenis Keju

Keju mulai diproduksi ketika domba pertama kali diternakkan oleh manusia, menurut sejarah produksi keju pertama bisa dilacak hingga 8000 SM. Kalau yang kamu tau keju identik dengan cheddar, berarti pengetahuanmu tentang keju sangatlah minim. Karena jenis keju amatlah banyak diantaranya Bel Paese, Bresse Bleu, Brie, Caerphilly, Camembert, Cheddar, Chesire, Keju Cottage, Cream Cheese, Danish  Blue, Demi-Sel, Derby, Dunlop, Double Gloucester, Edam, Emmenthal, Feta, Gjestost, Gorgonzola, Gouda, Gruyere, Lancashire, Liecester, Mozzarella, Parmesan, Pelabuhan Salut, Pepper Jack, Provolone, Roquefort, Samsoe, Scarmoza, St Paulin, Stilton, Swiss Cheese, Tome au Raisin dan Wensleydale.

#Rasa Keju Terbaik

Jika kita hendak membeli keju di supermarket atau toko bahan kue, kebanyakan mereka menyimpan kejunya di lemari pendingin atau ruangan bersuhu agak dingin. Tapi tau kah kamu rasa keju terbaik justru ketika keju berada pada suhu ruangan, karena sebenarnya suhu ruanganlah yang mempertahankan rasa keju yang sesungguhnya.

#Yunani vs Amerika Serikat

Yunani adalah negara pengkonsumsi keju terbanyak yakni lebih  dari 31,1 kg keju per tahun, sedangkan Amerika Serikat adalah negara yang memproduksi keju terbanyak di dunia yakni lebih dari 4.275 ton dalam setahun.

#Keju Emas vs Keju Biru

Keju Stilton adalah keju yang dibuat khusus dengan serpihan emas asli hasil karya keju Foodie yang memiliki harga fantastis. 1 pon keju Stilton atau keju emas ini dibanderol dengan harga $2064 atau sekitar Rp 24 juta. Sedangkan keju biru atau Blue Cheese atau dikenal juga dengan Bleu Cheese adalah keju yang memiliki aroma menyengat dan permukaan keju terlihat berwarna biru kehijauan. Warna hijau kebiruan itu berasal dari jamur yang biasa dicampur saat proses pembuatan keju. Blue Cheese dibuat dari susu domba dan dilumuri bakteri Penicilium roqueforti, yang menghasilkan keju dengan rasa cenderung lebih tajam dan sedikit lebih asin, serta bertekstur lembut.
(vestyles.com)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan