IBX5828CB0982D9D Mendengkur Dapat Menyebabkan Kematian, Bagaimana Bisa? - Vestyles.com

Emilia Yuuichi - Senin, 02 November 2015

Vestyles.com - Berada satu ruangan dengan orang yang suka mendengkur atau mengorok saat tidur pasti merupakan hal yang sangat mengganggu bukan? Suara ribut yang ditimbulkannya pasti akan sangat mengganggu di telinga kita. 

Namun tahukah kita bahwa selain menyusahkan si pengdengar, ternyata mendengkur juga membahayakan orang yang mendengkur dan akibat paling fatal adalah kematian pada kondisi tertentu. Bagaimana bisa? 

Mendengkur ternyata merupakan gangguan tidur yang terjadi pada manusia dengan istilah kedokteran sleep apnoea. Mendengkur adalah suara yang ditimbulkan saat tidur karena adanya getaran jaringan pada saluran nafas bagian atas. Semakin tua, timbulnya dengkuran saat tidur akan semakin meningkat hingga hampir 50% manusia di atas 60 tahun mengalami hal ini. 

Kondisi mendengkur yang harus diwaspadai adalah ketika suara dengkuran terdengar semakin keras, tiba-tiba berhenti, dan disusul hentakan nafas. Menurut Dr. Peter Cistulli yang merupakan pakar tidur di Rumah sakit St. George Sidney Australia, mendengkur ternyata terjadi karena penyempitan saluran pernafasan sehingga mengakibatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh berkurang. 

Sang dokter juga mengatakan bahwa dalam semalam orang yang mendengkur bisa mengalami pernafasan terhenti sesaat (obstructive sleep apnoea) sebentar sebanyak 300 kali. Tentu hal ini menyebabkan kurangnya suplai oksigen yang mempengaruhi kerja organ tubuh seperti jantung dan otak dimana kedua organ ini akan lebih “bekerja keras” untuk memaksimalkan fungsinya dalam tubuh. 

Bayangkan bila seseorang terus-menerus mendengkur dalam jangka waktu yang panjang maka akan dapat menyebabkan penyakit seperti stroke, hipertensi dan jantung. Hal ini disebabkan karena kadar oksigen yang naik turun dalam tubuh mampu merusak lapisan sel dalam pembuluh darah. 

Umumnya saat terbangun, si pendengkur akan merasakan sakit kepala dan linglung. Jadi bagaimana, apa kita masih mau menyepelekan kebiasaan tidur mendengkur? Jika tidak, maka kita bisa melakukan hal-hal yang mampu mengurangi kebiasaan tidur ini seperti tidur dalam kondisi miring untuk melancarkan aliran udara, mengurangi berat badan bila kita memiliki obesitas karena ternyata lapisan lemak pada leher akan menghambat pasukan udara yang masuk, berhenti merokok, tidur teratur dan menggunakan bantal yang tinggi saat ingin tidur
 (vestyles.com)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan