IBX5828CB0982D9D Manfaat Susu yang Harus Kita Tahu - Vestyles.com

Luluk Emje - Selasa, 22 September 2015

Vestyles.com -Susu termasuk salah satu minuman yang memiliki khasiat cukup tinggi yang diperlukan dalam tubuh manusia. Susu memiliki sumber kalsium juga protein, lemak, vitamin dan mineral.

Definisi susu dari Codex Alimentarius Commision (CAC) atau Dewan Standar Pangan Dunia susu adalah sekresi kelenjar ambing yang sehat dari hewan atau ternak perah yang sehat. Artinya ialah cairan yang keluar dari ambing atau udder atau kelenjar susu hewan seperti  sapi, kambing, domba, unta, kuda yang sehat.

Manfaat yang diperoleh tubuh manusia yang meminum susu secara rutin adalah sumber kalsium terkaya yang diperlukan untuk pertumbuhan serta pemeliharaan tulang, gigi,kuku juga mencegah osteoporosis. Selain kalsium, susu juga mengandung vitamin B6 yang penting untuk membuat sel darah baru, vitamnin B2 untuk energi dan mineral seng untuk kulit sehat, mata dan sistem kekebalan tubuh. 

Para ahli nutrisi merekomendasikan untuk seseorang mengkonsumsi 2-3 porsi susu per hari untuk mendapatkan jumlah yang tepat dari kalsium atau kandungan nutrisi lainnya. satu porsi susu sama dengan 200 ml atau sebotol sedang yogurt atau keju seukuran kotak korek api. Meskipun susu bukan satu-satunya sumber kalsium, masih ada sumber kalsium lain seperti brokoli dan ikan salmon tetapi susu memiliki keunggulan dibandingkan makanan lain bergizi setara diantaranya susu memiliki rasa yang enak dan lezat. Daya cerna susu hampir 100 persen, ini berarti hampir semua zat gizi dalam susu dipakai dalam metabolisme tubuh, terlebih lemak susu juga lebih baik dibandingkan makanan lain.

Secara rinci dalam segelas susu terkandung 30 persen kalsium, 26 persen riboflavin, 25 persen vitamin D, 25 persen fosfor, 22 persen vitamin B12, 16 persen protein, 11  persen potasium, 10 persen vitamin A, dan 10 persen niasin.

Orang awam sering kali menghubungkan susu sehat dengan susu cair atau susu segar (fresh milk). Sumbernya bisa bermacam-macam, sebut saja kambing atau unta. Tahukan anda pada dasarnya semua susu segar itu sehat karena kandungan nutrisinya, sementara itu fresh milk yang dijual di pasaran, baik susu pasteurisasi atau Ultra High Temperature (UHT) disebut susu steril. Fresh milk lebih disarankan dari sisi kandungan nutrisi atau zat gizi dan kandungan komponen bioaktif lain. 

Walaupun susu bermanfaat, tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Hasil riset yang diadakan oleh Seafast Center atau Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology pada tahun 2011, konsumsi susu di Indonesia 7,7 liter per kapita per tahun atau sekitar 1/10 konsumsi susu dunia. Sedangkan riset yang dilakukan oleh Tetra Pak di tahun 2013 menunjukkan perubahan positif, yaitu menjadi 13,47 liter susu per tahun, ini berarti satu orang mengkonsumsi segelas susu setiap minggu. Namun sayangnya angka ini  masih jaun dari  negara Vietnam yang konsumsi susunya mencapai 20,07 liter per tahun.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda rutin mengkonsumsi minuman sehat kaya manfaat ini? Jika belum rutin kini tak ada salahnya untuk memulainya setelah kita ketahui nutrisi yang dapat kita peroleh dari segelas susu lezat.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan