IBX5828CB0982D9D Mau Tahu Permainan yang Terinspirasi dari Negara Indonesia ? - Vestyles.com

Andreas Wiebisono - Selasa, 25 Agustus 2015

Vestyles.com - Apakah anda pernah mendenger BoardGame  (Permainan Papan)? Sekitar puluhan ribu judul permainan papan yang dijual di seluruh dunia. Permainan papan yang mungkin kita sering dengar seperti Monopoly , UNO dsb. Board game dicetuskan dari benua Eropa yaitu wilayah Jerman. Setiap tahun judul – judul baru dicetak dan dijual di Negara tersebut.

Nah apakah anda tahu, bahwa produsen dan sekaligus pembuat board game yang kebanyakan berasal dari Eropa ini mengambil  unsur – unsur Negara Indonesia kedalam beberapa board game yang dibuat. Setidaknya ada 7 board game yang bertemakan unsur – unsur Negara Indonesia, dari tahun 1992 hingga sekarang. 

Ingin tahu board game apa saja yang menyajikan uniknya unsur-unsur Indonesia? Berikut informasinya :

#1. PAPUA (Thn 1992)
Board Game Papua
Diawali dari game ini yang diproduksi di Jerman oleh Thilo Hutzler. Permainan ini mirip dengan ular tangga yang memiliki tempat awal dan tempat tujuan akhir. Kisah dari permainan ini adalah petualangan menyelamatkan diri hingga sampai di perahu sebelum diculik oleh suku asli yang tinggal di pedalaman Papua. 

#2. JAVA (Thn 2000)
Board Game Java
Board game karya Wolfgang Kramer dan Michael Kiesling yang berasal dari Jerman ini, dirilis tahun 2000. Permainan ini bertujuan kompetitif untuk membangun desa dengan tema kependudukan asli daerah Jawa Pemain permainan ini juga akan membuat sawah, hutan dan perkebunan. Peradaban termaju akan menjadi pemenangnya.

#3. BALI (Thn 2001)
Board Game Bali
Permainan ini juga diproduksi dari Jerman dan dibuat oleh Uwe Rosenberg. Permainan ini mengisahkan seorang dalang wayang yang berkunjung dari pulau ke pulau lain untuk mengajak dan menantang dalang wayang di tiap pulau. Jika budaya wayang dapat menyebar di daerah tersebut maka pemain dinyatakan sebagai pemenangnya. Yang anehnya permainan ini menggunakan kata Bali sebagai nama board game ini namun dalam permainan ini tidak ditemukan pulau Bali untuk dikunjungi si dalang wayang tersebut.

#4. INDONESIA (Thn 2005)
Board Game Indonesia
Belanda juga memproduksi board game yang bertemakan Indonesia,yang dikarang oleh Joris Wiersinga. Permainan ini mungkin terinspirasi dari zaman penjajahan Belanda di Indonesia dulu. Permainan  ini sekarang menjadi langka dan sangat mahal. Cara memainkannya pun sulit, dimana pemain menjadi pedagang yang harus menguasai jalur – jalur dagang di Mataram. Pemain yang memiliki kekayaan terbanyak akan menjadi pemenangnya.

#5. BORNEO (Thn 2007)
Board Game Borneo
Permainan ini dibuat oleh Paolo Mori dari kebangsaan Italia yang terinspirasi oleh pulau Kalimantan. Pemain akan menjadi pedagang bahan rempah dan harus berusaha menjadi kaya dan memiliki banyak rempah.

#6. BATAVIA (Thn 2008)
Board Game Batavia
Diambil dari nama kota Jakarta terdahulu, Batavia diproduksi dan dibuat oleh Glimne Dan serta rekannya Grzegorz Rejchtman dari Swedia. Pemain akan menjadi bagian dari sekutu dagang Hindia Timur, Belanda , Swedia , Inggris, Prancis serta Denmark. Tujuan game ini ialah berlomba mengunjungi tiap pos – pos perdagangan milik lawan main. Fakta dari game ini cukup aneh karena Batavia / Jakarta yang mewakili Indonesia pada faktanya tidak menjadi sekutu dagang seperti yang tertera dalam permainan. 

#7. EXPEDITION SUMATRA (Thn 2010) 
Board Game Exploration Sumatra
Karya pembuat permainan ini yaitu Jens Jahnke dan Britta Stockmann asal Jerman, menceritakan tim observasi perlindungan hewan lindung asal Eropa yang harus menelusuri langkah-langkah dalam hutan Sumatra. Tugasnya ialah menemukan hewan-hewan yang terancam punah karena perburuan liar. 

Itulah beberapa permainan papan ( board game ) yang terinspirasi dari unsur Negara kita Indonesia. Kita juga harus memajukan Negara ini dengan kreatifitas kita, serta keaslian unsur Negara Indonesia.

 (vestyles.com)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan