IBX5828CB0982D9D Mata Anda Bintitan? Simak Metode Tradisional untuk Menyembuhkannya - Vestyles.com

Andreas Wiebisono - Kamis, 20 Agustus 2015

Vestyles.com - Bintitan atau yang dalam ilmu medis dinamakan Hordeolum ini pasti pernah dialami oleh siapapun. Baik muda hingga tua, dengan ukuran besar atau kecil, pasti mata kita pernah sekali bahkan lebih mengalami bintitan. Mitos dari orang-orang zaman dulu, bintitan ini terjadi karena tindakan usil kita mengintip orang,baik mandi maupun melakukan kegiatan pribadi. Yang pasti penyebab bintitan bukanlah itu,melainkan dapat dijabarkan secara medis.

Dalam ilmu medis, bintitan disebabkan adanya infeksi yang menjangkit bagian kelopak mata, kadang dibagian atas ataupun bawah. Bakteri staphylococcus aureus inilah yang menyebabkan terjadinya bintitan pada mata kita. Walaupun tidak begitu membahayakan,tapi bakteri ini akan bersarang di daerah kantung air mata atau saluran air mata yang membuat sakit saat disentuh,bahkan saat kita berkedip.

Dapat dipastikan seseorang yang terjangkit bintitan ini,dapat menularkannya lewat sentuhan tangan. Nyeri dan berkedut – kedut,itulah yang dirasakan penderita bintitan, bahkan yang lebih parah sampai menyebabkan sakit kepala serta penglihatan yang terhalangi oleh ukuran bintitan itu sendiri. Ada berbagai cara menyembuhkan bintitan,baik secara operasi, namun ada pula cara tradisional. Mau tahu? 


Berikut adalah cara tradisional untuk menyembuhkan bintitan :

#1. Air Hangat
Air hangat selalu berguna untuk merilekskan, melegakan, menghangatkan berbagai macam penyakit. Pada kasus bintitan ini, air hangat berfungsi untuk kompres, dengan tujuan merilekskan bagian kelopak mata terutama pada bagian yang bintitan itu. Caranya sediakan air hangat , gunakan handuk sebagai media kompres dan digunakan pada bagian bintitan tadi. Terapkan secara rutin 3-4kali sehari selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Biasanya dalam 3 hari bintitan akan mengempis sendiri.

#2. Bawang Putih
Selain menjadi bumbu penyedap,bawang putih juga memliki khasiat untuk menyembuhkan bintitan. Tujuan dari bawang putih ini adalah menghentikan peradangan pada kelopak mata. Caranya sangat mudah, haluskan 1 bawang putih hingga halus atau mengeluarkan getahnya, lalu oleskan pada bagian bintitan yang sebelumnya sudah dikompres sedikit dengan air hangat. Bila dilakukan secara rutin, 2-3 hari akan mengurangi bintitan itu. Jangan sampai bawang putihnya terkena mata ya !

#3. Daun Sirih
Daun sirih terkenal dengan manfaatnya yang membersihkan organ vital dan intim wanita. Maka daun sirih juga dapat dipakai untuk mengobati bintitan. Mengapa? Karena daun sirih memiliki senyawa yang bersifat antiseptik yang membunuh bakteri. Otomatis dalam kasus bintitan ,daun sirih juga akan membunuh bakteri staphylococcus aureus ini. Caranya ialah rebus 3 lembar daun sirih dengan 1.5 gelas -2 gelas air bersih. 

Setelah mendidih anda bisa menggunakan alat penyaring untuk memisahkan air rebusan dengan daun sirih. Anda bisa menggunakan daun sirih yang telah direbus untuk dioleskan pada bintitan itu seperti bawang putih tadi. Namun air rebusan itu sendiri dapat digunakan sebagai obat tetes alami untuk mata. Tetapi ingat, rasanya perih sekali lho. 

Masih banyak cara – cara alami untuk menyembuhkan bintitan, tetapi ke-3 cara diatas lah yang sangat sering digunakan dan ampuh. Semoga jadi manfaat untuk kita dan tetap jaga kesehatan kita. 

(vestyles.com)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan