IBX5828CB0982D9D Kebiasaan Makan Sambil Berjalan Bisa Berdampak Pada Pola Makan Yang Tidak Sehat ! - Vestyles.com

Andreas Wiebisono - Rabu, 26 Agustus 2015

Vestyles.com Makan adalah tindakan yang vital atau penting bagi tiap insan manusia. Jika kita makan biasanya kita duduk di kursi dan piring makanan kita letakkan di meja. Dan juga saat makan anda harus tenang tidak banyak bergerak dan berjalan. Petuah orang zaman dahulu selalu mengingatkan saat makan jangan sambil lari-lari atau berjalan,melainkan harus tenang. Namun bila anda makan sekaligus berjalan anda patut khawatir akan diri anda.

Akhir – akhir ini tim peneliti Universitas Surrey di Inggris melakukan sebuah penelitian yang mengaitkan perilaku manusia saat makan sekaligus berjalan. Dilansir dari media Independent, tim peneliti tersebut menemukan bahwa perempuan (sampel penelitian) yang makan sambil berjalan akan terbiasa dengan makan makanan yang tidak sehat.
Makan Sambil Berjalan (c) yokosojapan.co.jp
Pada saat percobaan itu, 60 siswi perempuan dilibatkan dan dibagi menjadi 3 kelompok,serta diterbitkan dalam jurnal Psikologi Kesehatan. Percobaan untuk kelompok pertama adalah makan stik sereal sambil berbincang dengan teman – temannya di kursi. Untuk kelompok kedua adalah makan makanan sekaligus menonton televisi selama 5 menit. Dan kelompok ketiga makan sambil naik turun  berjalan di tangga koridor.

Setelah percobaan pertama tadi selesai, peneliti mengajak para perempuan tadi melakukan tes indra perasa. Makanan yang disajikan untuk mereka adalah makanan ringan seperti keripik, cokelat, kacang ,anggur dsb. Terlihat perbedaan dari 3 kelompok itu dimana terdapat pernyataan yang unik. Kelompok ketiga yang makan sambil berjalan tadi ternyata mengonsumsi makanan pada tes kedua ini lima kali lebih banyak dibanding kelompok pertama yang duduk dengan teman – teman sambil makan stik sereal serta kelompok kedua yang diam menonton televise sambil mengudap makanan.

Berjalan adalah bentuk gangguan yang membuat kemampuan seseorang dalam memproses makanan dan rasa lapar terganggu. Karena berjalan dibutuhkan energy yang cukup banyak. “Atau mungkin, berjalan di sekitar koridor tadi adalah bentuk latihan fisik yang menguatkan perilaku makan berlebihan setelah berjalan tadi,” ujar Professor Jane Ogden penulis Jurnal Penelitian Psikologi Kesehatan.

Nah anda perlu mengurangi kebiasaan makan sambil jalan, karena apa yang kita makan akan langsung dicerna dan menghasilkan energi yang membakar kalori. Lalu anda akan merasa lapar lagi,hingga anda makan berlebihan,efeknya akan membuat anda terkena penyakit seperti diabetes, kolesterol dsb.

 (vestyles.com)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan