IBX5828CB0982D9D Ingin Tahu Akibat dan Cara Menghilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku Jari ? - Vestyles.com

Andreas Wiebisono - Jumat, 21 Agustus 2015

Vestyles.com - Apakah anda memiliki kebiasaan menggigit kuku jari tangan anda? Apa sebenarnya alasan yang membuat anda menggigit kuku anda? Padahal kita tahu bahwa menggigit kuku jari bukanlah hal yang positif. Kuman masuk melalui mulut,kuku anda menjadi rusak,bahkan merusak dan menyakiti jari tangan sendiri. Lalu alasan apa hingga kita doyan menggigit kuku jari? 

Hasil penelitian yang dilakukan secara universal mengungkapkan bahwa berjuta-juta orang senang menggigit kuku jarinya sendiri. Bahkan bisa digolongkan sebagai hobi yang sulit dihentikan dibanding dengan hobi merokok. 

Menggigit Kuku Jari (c) health.howstuffworks.com
Onychophagia adalah istilah yang digunakan oleh psikiater di dunia untuk menggambarkan kondisi atau kebiasaan orang menggigit kuku. Umumnya orang yang memiliki kebiasaan itu dilanda rasa cemas, panik , tegang , takut bahkan hanya hal sepele yaitu untuk memotong kukunya sendiri. Kebiasaan ini berkaitan dengan saraf motorik (kontrol gerakan). 

Beberapa fakta menunjukkan tidak hanya usia kanak – kanak bahkan usia dewasa juga menggigit kuku. Dan uniknya sebagian besar orang percaya bahwa ketika menggigit kuku,perasaan cemas dan takut tadi bisa berkurang.

Apa saja sih akibat dari seringnya kita menggigit kuku? Simak beberapa akibat berikut ini :

#1. Ketika menggigit kuku,yang perlu diketahui adalah bukan hanya bagian kuku yang tergigit namun kutikula dan jaringan kulit di sekitar kuku tersebut juga ikut tergigit. Bila kita sering sekali menggigitnya dapat menyebabkan rusaknya saraf kuku serta kulit disekitar kuku. 

#2. Dengan apa kita menggigit kuku? Sudah pasti gigi bukan? Bukan hanya kuku yang terkena dampak buruk melainkan juga gigi kita akan mudah rusak dan membuat gigi menjadi rapuh.

#3. Seperti disebutkan diatas,bakteri juga dapat masuk kedalam tubuh kita melalui mulut. Selain masuk dalam mulut,ketika kita menggigit kuku hingga memerah,berdarah dan sebagainya, itu menimbulkan infeksi pada kuku. Sehingga akan muncul penyakit – penyakit yang tidak diinginkan.

Lalu bagaimana cara untuk menghilangkan kebiasaan menggigit kuku? Berikut beberapa cara menghilangkan kebiasaan menggigit kuku :

*1. Terapkan metode ini bila yang mengalami kebiasaan ini adalah anak-anak. Kita dapat mengoleskan kuku kita dengan sesuatu yang tidak berbahaya,namun terasa pahit. Sehingga dari usia anak-anak pun kebiasaan buruk itu akan dihindari hingga usia dewasa. 

*2. Untuk usia dewasa,kita dapat menggunakan plester pada jari kita bagian kuku. Aneh, namun cara ini ampuh bagi sebagian pemilik kebiasaan buruk ini. 

*3. Khusus wanita yang terbiasa menggigit kuku, kebiasaan ini dapat diganti dengan perawatan kuku/manicure dan pedicure tentunya jika memiliki dana yang cukup. Kegiatan ini akan memuncul kan sugesti yang membuat pemikiran wanita untuk menyayangi kuku nya dibanding harus merusaknya.

Itulah beberapa Sebab dan Akibat Semoga kita terhindar dan mencegah baik adik , anak maupun anggota keluarga kita dari kebiasaan ini. 

 (vestyles.com)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan