IBX5828CB0982D9D Awas! Persentase Penyakit Diabetes Mulai Meningkat - Vestyles.com

Andreas Wiebisono - Selasa, 18 Agustus 2015

Vestyles.com – Siapa yang tidak tahu penyakit Diabetes? Penyakit yang berbahaya dan mematikan ini mengakibatkan penderitanya tidak dapat menghasilkan hormon insulin yang berguna untuk mengontrol tingkat gula darah. Bahkan diabetes dapat menyebabkan kebutaan dan amputasi permanen.

Seperti dilansir Diabetes UK, di negara Inggris, terdapat peningkatan persentase penderita diabetes yang berkisar hamper 60% dalam satu dekade terakhir (10 tahun). Sebanyak 3,3 juta jiwa mengidap penyakit Diabetes yang menunjukkan peningkatan sebesar 2,1 juta jiwa dari tahun 2005 (Badan Kemanusiaan Inggris).

Pada kasus diabetes di Inggris, 90% diabetes yang diderita pasien adalah diabetes tipe 2. Apa penyebab diabetes tipe 2? Umumnya diabetes tipe 2 ini disebabkan oleh kebiasan hidup buruk yang berkaitan dengan pola makan yang tidak sehat serta tidak mempertimbangkan gizi maupun kadar gula yang terkandung pada makanan yang disantap. Diabetes tipe 2 biasanya akan membuat penderita mengidap obesitas.

Untuk pasien penderita diabetes tipe 1 pada umumnya diderita pada masa usia kanak-kanak. Dimana kondisi diabetes 1 ini mengakibatkan Organ Pankreas penderita tidak dapat menghasilkan hormon insulin yang mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga sistem kekebalan penderita diabetes tipe 1 sangat lemah.

Dokter umum di Brent,London Barat Laut, Dr. Joan St. John mengatakan tingkat pasien penderita diabetes merupakan salah satu penyakit yang tertinggi dialami di Inggris. “Sangat disadari bahwa hamper setiap minggu kami membuat diagnosa seseorang terkena diabetes, paling tidak satu atau kadang-kadang dua bahkan lebih dari yang sebelumnya kemungkinan satu dalam sebulan,” sebut Dr. St. John.

Hal yang harus kita ketahui mengenai diabetes adalah
1) Gejala umum diabetes adalah
- Sering buang air kecil (biasanya tiap jam);
- Selalu merasakan haus walaupun sehabis minum;
- Serta Sering merasa lapar lagi bahkan dalam kondisi sehabis makan. Diabetes banyak diidap kaum perempuan namun kaum lelaki pun juga dapat mengidapnya.

2) Beberapa cara mencegah diabetes antara lain:
- Memperhatikan gizi dan serat dalam makanan(Sayur,Buah,Kacang hijau,Kacang merah dll);
- Rutin beraktifitas fisik (olahraga) yang berfungsi membakar gula dan lemak yang tidak berguna di tubuh kita;
- Kurangi konsumsi gula berlebihan,rokok,dan tidur teratur (tidak begadang).
(vestyles.com)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan