IBX5828CB0982D9D 5 Olahraga Yang Cocok Bagi Penderita Rematik - Vestyles.com

Andreas Wiebisono - Senin, 24 Agustus 2015

Vestyles.com - Rematik merupakan sebuah penyakit yang dapat menimbulkan rasa sakit yang diakibatkan oleh  otot atau persendian yang mengalami peradangan dan juga pembengkakan. Penyakit ini terdiri atas berbagai jenis dan dapat menjangkiti persendian mana pun yang ada pada tubuh anda.

Kerusakan sendi sering dijadikan alasan oleh para penderita rematik untuk tidak berolah raga. Ini tentu salah dan tidak baik bagi kesehatan. Perlu diketahui bahwa olahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan fleksiblitas sendi dan kekuatan otot serta sendi. Karena itu, pilihlah olahraga yang ringan, tidak terlalu kompetitif, dan yang paling penting selalu melakukan pemanasan sebelum olahraga.
Penyakit Rematik yang Menyerang Sendi-sendi 

Berikut ini adalah 5 jenis olahraga yang cocok dan baik bagi penderita rematik :

#1. Berenang
Menurut Centers of Disease Control and Prevention (CDC), keluhan penderita rematik berkurang setelah melakukan hidroterapi atau berolahraga di dalam air hangat dibandingkan dengan latihan lainnya. Mereka melaporkan berkurangnya rasa sakit dan nyeri sendi.

#2. Taichi
Taichi adalah seni bela diri tradisional Cina yang mengumatamakan kelembutan dan keselarasan. Latihan ini bisa meningkatkan fungsi otot, mengurangi kekakuan serta rasa sakit. Seperti yang kita tahu taichi itu sendiri seni bela diri yang tidak keras atau ngotot dalam tiap gerakannya.

#3. Bersepeda
Penderita rematik memiliki resiko yang tinggi untuk penyakit kardiovaskular dan komplikasi. Jadi sangat penting sekali untuk terus berlatih dan bergerak guna meningkatkan kekuatan otot jantung yang bekerja untuk kelancaran peredaran darah. Bersepeda adalah satu kegiatan olahraga yang bukan saja baik untuk kesehatan jantung, tetapi kekuatan otot kaki dan tangan.

#4. Jalan Kaki atau Jogging
Jalan kaki sendiri adalah olah raga yang paling mudah dilakukan serta tidak memerlukan banyak fasilitas pendukung. Anda bisa memilih antara jalan kaki biasa atau jogging yang sedikit lebih berat. Selain baik untuk kesehatan jantung, olah raga mudah ini juga meningkatkan fleksibilitas kaki terutama bagian sendi.

#5. Yoga 
Banyak orang tidak memahami apa sebenarnya yoga itu sendiri. Yoga kelihatannya tidak terlihat seperti olah raga, tetapi kegiatan Yoga sendiri menggabungkan postur tubuh (asana), teknik pernafasan (pranayama) serta meditasi. Yoga ini dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan jangkau gerak penderita rematik. 

Perlu diingat, apapun jenis olah raga yang dipilih, sebaiknya didukung dengan konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Karena ada beberapa rujukan dari dokter yang membatasi porsi kegiatan olah raga yang pas dan tidak melelahkan bagi pasien. Itulah sekilas informasi mengenai olahraga yang baik untuk penderita rematik.
 (vestyles.com)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan