IBX5828CB0982D9D Ternyata Minuman Ini Dapat Memicu Pengikisan Pada Gigi ! - Vestyles.com

Ratih Alsabbah - Minggu, 21 Juni 2015

Vestyles.com - Banyak orang sudah tahu bahwa gula tidak baik untuk gigi, namun ada zat lain juga yang bisa menyebabkan gigi kita rusak yaitu dengan kandungan asam yang sangat tinggilah didalam mulut bisa memicu pengikisan pada gigi.

Berbeda halnya dengan pembusukan pada gigi tetapi pengikisan pada gigi terjadi saat asam menghancurkan jaringan-jaringan keras pada gigi, namun pada tahap awal ini akan merusak lapisan-lapisan dipermukaan email gigi dan akhirnya akan menjangkau dentin gigi hingga mencapai dasar email pada gigi bahkan bisa mencapai inti gigi.
minuman pemicu pengikisan gigi (c) keepo.me

Minuman yang memicu pengikisan gigi ini yaitu minuman dengan pH dibawah kadar 5.5 sebab minuman tersebut relatif mengandung asam yang dapat membuat pengikisan pada gigi jika dikonsumsi terlalu sering. Seperti halnya hasil studi beberapa ilmuwan dari Eastmen Institute for Oral Health, University of Rochester Medical Center di New York menerangkan beberapa jenis jus yang bersifat asam bisa memicu pengikisan gigi seperti halnya untuk menghindari konsumsi jus jeruk tanpa menggunakan sedotan apalagi kadar asam yang terkandung dalam jus jeruk sangat kuat, bahkan telah dianjurkan oleh dokter gigi untuk mengkonsumsi minuman buah dengan sedotan atau mengkonsumsi minuman tersebut sekaligus saat makan.

Berikut yang dikutip dari laman koranopini.com Untuk pencegahan ada beberapa tips yaitu :

#1  Banyak mengkonsumsi air putih terutama setelah makan
#2 Hindari menggosok gigi sesaat sesudah anda mengkonsumsi minuman yang mempunyai kandungan asam sebab hal tersebut hanya akan menghilangkan lapisan lembut pada gigi, yang perlu dilakukan anda hanya cukup berkumur-kumur saja setelah itu tunggu hingga 1 jam untuk menggosok gigi anda.
#3 Jika ingin mengkonsumsi miuman berasam sebaiknya pada waktu yang bersamaan dengan waktu makan anda sebab ludah yang dihasilkan pada saat anda makan akan membantu menetralisir asam dari minuman itu.
#4 Gunakan pipet ataupun sedotan jika ingin mengkonsumsi minuman berasam.
#5 Dengan mengunyah permen karet yang bebas gula maka berguna menstimulasi produksi ludah yang bisa menetralisirkan asam.
#6 Cek kandungan asam yang terdapat pada minuman tersebut agar mengetahui kadarnya.

Itulah seputar minuman berasam yang bisa menyebabkan pengikisan pada gigi terutama banyak terdapat pada minuman buah yang mengandung asam yang tinggi, untuk itu lebih memperhatikan kandungan asam dari minuman tersebut dan dengan tips pencegahan diatas dapat membantu anda terhindar dari pengikisan pada gigi .



«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan