IBX5828CB0982D9D Inilah Bahayanya Jika Anda Konsumsi Es Batu Dari Air Mentah ! - Vestyles.com

Ratih Alsabbah - Jumat, 12 Juni 2015

Vestyles.com - Menikmati teriknya matahari pasti akan menyegarkan jika konsumsi minuman yang segar-segar seperti es kelapa, es jeruk, es teh dan ini sangat disukai sebagian orang. Tapi jangan bersenang-senang dahulu menikmati kesegaran minuman tersebut, memang kebanyakan diberi es batu supaya dingin namun ada baiknya kita mewaspadai bahaya dibalik es batu tersebut, apakah dari air mentah ? dan tentunya sangat berpengaruh sekali bagi kesehatan apalagi jika dampaknya sangat buruk.

Jika es batu berasal dari es balok yang banyak dijual pedagang-pedagang es, yang harus diwaspadai adalah pembuatan es batu tersebut, sangat disayangkan jika terbuat dari air mentah, mengingat jika menjual es balok tidak mungkin bisa menutup biaya untuk memasak bahan baku airnya, apalagi yang digunakan adalah air yang tidak higienis, seperti penggunaan air sungai yang banyak pabrikan beralasan air PAM membutuhkan biaya yang besar, dan biasanya untuk menjadikan air tersebut jernih menggunakan kaporit. Namun akan menimbulkan dampak buruk jika dikonsumsi.
es balok (c) health.detik.com


Yang perlu diketahui adalah beberapa pabrikan tidak bisa disalahkan karena mereka membuat es balok yang pada dasarnya bukan untuk dikonsumsi namun untuk keperluan mengawetkan seperti dalam distribusi ikan, daging atau sayur, namun yang menjadi permasalahan adalah pedagang-pedagang yang menjual minuman yang kemudian membeli es balok tersebut yang terbuat dari air mentah dan menjadikan es balok tersebut untuk dikonsumsi.

Berikut yang dikutip dari laman yukiwaterfilter.com. Es Balok Berbahaya? Jelas sekali sangat berbahaya sebab jika sumber airnya saja tidak higienis atau air sungai maka dapat dipastikan bisa mengandung bakteri yang berbahaya seperti adanya bakteri E Coli yang bisa memicu diare ataupun muntaber, tidak cuman itu tetapi masih banyak lagi bakteri-bakteri yang mengintai kesehatan. Dalam proses pembekuan air menjadi es balok umumnya tidak bisa mematikan bakteri-bakteri tersebut jadi ketika es yang mengandung bakteri tersebut yang larut kedalam minuman yang kita minum maka artinya sama saja kita menuangkan air mentah atau air sungai ke dalam minuman kita, apalagi jika dikonsumsi anak-anak yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah maka bisa memicu penyakit.

Dari Beberapa penelitian di beberapa negara seperti Indonesia, China, Amerika, ternyata es batu yang terbuat dari air mentah lebih banyak mengandung bakteri e coli.

Untuk itu jika kita ingin mengkonsumsi es batu sebagai minuman segar yang dibeli dibeberapa pedagang agar memastikan tingkat kejernihan es batu tersebut dan kesterilan airnya serta aman dikonsumsi, biasanya jika air tersebut matang maka warnanya terlihat bening seperti kristal sedangkan jika terbuat dari air mentah berwarna lebih putih karena terlihat banyaknya gas yang terperangkap didalam es batu tersebut. Namun alangkah baiknya jika mengkonsumsi minuman tanpa es batu karena dengan konsumsi air putih saja tanpa es sangat bagus untuk kesehatan.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan