IBX5828CB0982D9D Inilah Bahaya Yang Terjadi Jika Konsumsi Makanan Yang Dihinggapi Lalat ! - Vestyles.com

Ratih Alsabbah - Rabu, 10 Juni 2015

Vestyles.com- lalat adalah hewan yang sering hinggap dan berkembang biak di tempat-tempat yang sangat kotor, tidak heran lalat merupakan hewan yang sangat jorok, dengan ukuran tubuh yang kecil dan juga ramping sangat memungkinkan sekali hewan tersebut bergerak cepat dan gesit serta sangat peka terhadap gerakan.

Banyak masyarakat menggangap lalat tersebut sebagai pengganggu karena sering hinggap dimakanan sebab hewan tersebut akan banyak membawa penyakit yang sangat merugikan bagi manusia. Namun sebagian orang juga tak peduli bahaya dari lalat yang hinggap dimakanan mereka, hal tersebut sangat dikhawatirkan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan,  Oleh sebab itu kita harus mewaspadai lalat yang hinggap pada makanan kita.
lalat (c) health.detik.com

Berikut yang dilansir laman halosehat.com, jenis-jenis lalat yang harus diwaspadai :
#1 Lalat rumah, nama latinnya Musca domestica
#2 Lalat hijau, nama latinnya Lucilla seritica
#3 Lalat latirine, nama latinnnya Fannia canicularis
#4 Lalat biru, nama latinnnya Calliphora vornituria
Keempat jenis lalat itu diyakin banyak membawa penyakit.

Menurut World Health Organization (WHO) , lalat akan membawa organisme penyebab datangnya penyakit sambil makan yang dimana organisme tersebut akan menempel diluar terutama pada permukaan luar lalat dapat bertahap hidup beberapa jam namun mereka yang tertelan dengan makanan tersebut dapat hidup diperut lalat dalam beberapa hari.
Bahaya lalat yang hinggap dimakanan karena lalat suka hinggap ditempat yang kotor sehingga kuman, bakteri maupun virus akan mudah menempel pada kaki dan juga bulu halus lalat dan ketika lalat tersebut menempel pada makanan kita maka virus, bakteri maupun kuman akan mudah menyebar pada makanan yang telah terkontaminasi lalat tersebut. Untuk itu makanan yang sudah dihinggapi sebaiknya jangan dimakan. Penyakit yang sering disebabkan lalat tersebut seperti diare, disentri, kolera, typhus, gatal-gatal dikulit,  selain itu juga lalat dapat menyebarkan telur dari cacing.

Itulah bahaya yang dapat ditimbulkan oleh lalat, untuk itu tetap perhatikan kesehatan terutama jika menghidangkan makanan, sebaiknya ditutup makanan tersebut dan perlu diingat jangan makan makanan yang dihinggapi lalat, dan tetap jaga kebersihan lingkungan sekitar yakni dengan membersihkan selokan disekiar rumah agar menghambat lalat berkembang biak serta dapat pula menimbun sampah di dalam tanah sebab sampah yang menumpuk maka lalat akan mudah berkembang biak. Untuk itu masyarakat harus lebih menyadari bahaya makanan yang dhinggapi lalat tersebut sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan