IBX5828CB0982D9D Inilah 16 Fakta Yang Menakjubkan Seputar Bayi Baru Lahir ! - Vestyles.com

Ratih Alsabbah - Senin, 15 Juni 2015

Vestyles.com - Menantikan kelahiran sang buah hati memang sangat menjadi idam-idaman para orang tua, terlebih jika setelah lahir betapa lucunya bayi tersebut membuat siapa saja ingin menggedongnya dan menjadikan bentuk kebahagian yang sangat berharga bagi orang tua.

Adanya fakta-fakta bayi baru lahir terkadang tidak semua fakta tentang bayi yang mungkin masih banyak orang tua tidak mengetahuinya. Seperti kebiasaan bayi tersebut atau hal-hal lainnya yang bahkan membuat orang tua khawatir. Untuk itu inilah fakta menarik tentang bayi yang baru lahir.
fakta bayi (c) vemale.com
Berikut yang dikutip dari laman health.detik.com :
#1 Umumnya terdapat tanda lahir
Bayi yang baru lahir umumnya terdapat tanda lahir minimal satu tanda lahir namun tanda tersebut bisa menghilang dengan sendirinya ketika bayi berusia tiga tahun tetapi ada juga yang menetap bahkan sampai melebar hal itu disebabkan karena pembuluh darah halus di bagian bawah kulit.

#2 Menangis tidak mengeluarkan air mata
Bayi yang baru lahir tidak memproduksi air mata sampai usianya beberapa minggu dan hal ini karena kelenjar air matanya belum benar berkembang sempurna, namun setelah umurnya 2-3 bulan barulah bayi tersebut menangis dengan melinangkan air mata sebab diusia itu akan semakin meningkat memproduksi air mata bayi.

#3 Bayi bisa berhenti bernapas beberapa detik
Kondisi periodic breathing atau disebut napas periodik yakni bayi yang baru lahir kerap sekali berhenti bernapas selang beberapa detik, kondisi seperti ini biasanya akan menghilang saat bayi tersebut usianya beranjak 2 bulan.

#4 Mempunyai tulang lebih banyak dari tulang orang dewasa
Bayi yang baru lahir jumlah tulangnya 350 namun jika bertambahnya usia tulang tersebut akan mengalami pengurangan menjadi 206 sebab beberapa tulang akan menyatu.

#5 Bayi bisa menelan dan dapat bernapas secara bersamaan
Saat dewasa menelan sambil bernapas sangat sulit dilakukan namun ketika bayi hal tersebut sangat mudah dilakukan karena saat dewasa, laring bergerak ke bagian yang lebih rendah dibandingkan ketika masih bayi.

#6 Bayi akan selalu ingin tidur
Menurut Prof. Pediatri di Indianapolis, Indiana School of Medicine bahwa dalam beberapa minggu bayi akan teretidur 18 sampai 22 jam sehari.

#7 Kaki bayi yang berbentuk "O"
Menurut Dr. Yoyos Dias Ismiarto, SpOt(K) sebagai staf Departemen Orthopaedi dan Traumatologi di Rumah Sakit Hasan Sadiking Bandung, menerangkan bahwa kaki bayi yang baru lahir berbentu "O" sebab saat dirahim ibu kondisi bayi dalam posisi meringkup dan ini merupakan bagian adaptasi janin pada rahim ibu yang sempit. Namun lama-kelaman tulang kaki si bayi akan lurus dengan sendirinya ketika usianya beranjak 1-2 tahun.

#8 Bayi akan tersenyum saat tidur
Menurut Pamela Garcy, PhD, psikolog Klinis di Dallas Amerika Serikat mengatakan senyum pada masa awal hidupnya bayi merupakan reaksi fisik dan bukan sebagai tanda emosional serta reaksi lainnya bisa muncul refleks terkejut saat tidur.

#9 Bayi yang baru lahir tidak mempunyai tempurung pada lututnya
Dia hanya memiliki kartilago tulang, sampai usianya 6 bulan barulah tulang tempurung benar-benar muncul.

#10 Bayi akan kehilangan rambut
Dibagian seluruh tubuh bayi ditumbuhi dengan rambut-rambut yang halus (lanugo), dan akan rontok secara perlahan tanpa disadari.

#11 Bayi mempunyai wangi yang adiktif
Seperti mulutnya pun wangi.

#12 Mengorok ataupun cegukan hal yang wajar
Menurut Dr. Willan Sears, MD mengungkapkan bahwa mengorok ataupun cegukan sering dialami bayi bahkan sampai usinya 2 -3 bulan, hal tersebut karena salah satu faktor yaitu ekstra produksi air liur dalam persiapan pembentukan gigi. Namun bayi juga bisa bersin-bersin.

#13 Umumnya feses pertamaya berwarna hijau kehitaman

#14 Grok-grok ketika bernapas
Ini hal yang wajar sebab seluran napasnya masih 'lunak', jadi ketika bayi menghirup udara terciptalah tegangan negatif yang membuat suara itu.

#15 Bayi yang baru lahir hanya bisa melihat warna hitam dan putih
Setelah usianya mencapai 4 bulan barulah mereka mengenali berbagai warna cerah.

#16 Penghilatan yang masih samar-samar
Saat bayi baru lahir, penglihatannya masih kabur, namun dia bisa melihat wajah ketika anda mendekatkan wajah anda dalam jarak yang sangat dekat 20-38cm.

Itulah fakta seputar bayi baru lahir.







«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan