IBX5828CB0982D9D Inilah Fakta Sebenarnya Seputar Penggunaan Pil KB Dibalik Mitos Yang Beredar - Vestyles.com

Ratih Alsabbah - Senin, 04 Mei 2015

Vestyles.com - Pengunaan metode kontrasepsi dapat pula membantu mengurangi permasalahan pada wanita terutama bagi kesehatan reproduksi. Peningkatan KB atau keluarga berencana adalah salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian ibu yang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Banyak masyarakat yang masih menganggap bahwa menggunakan alat kontrasepsi akan terdapat efek samping dan pandangan-pandangan seperti itu yang kurang tepat padahal dengan berkembangnya penelitian dalam bidang kesehatan penggunaan metode KB tersebut mempunyai potensi yang cukup besar untuk pengobatan bagi kaum wanita seperti halnya dari gangguan haid atau jerawat.
Namun begitu banyak masyarakat yang belum mendapatkan informasi tentang penggunaan KB ini yang justru malah banyak tersebar mitos yang harusnya perlu diluruskan. Oleh sebab haruslah masyarakat cermat akan informasi yang berkembang terutama penggunaan metode-metode menyangkut kesehatan. Menurut dr. Didi D. Dewanto, Sp.OG, prinsip kerja dari alat kontrasepsi yaitu menghambat ovulasi. penggunaan pil kB itu berfungsi untuk mengatur siklus haid, mencegah kanker ovarium dan kanker endometrium tetapi memang banyak kaum wanita yang khawatir akan penggunaan KB ini.
KB (c) cakrawanita.blogspot.com

Berikut fakta seputar penggunaan metode KB dibalik mitos yang beredar:

Mitos : Penggunaan pil KB bisa bikin gemuk
Fakta : Sederhananya penggunaan pil KB tidak akan membuat gemuk, namun penambahan berat badan itu terjadi karena alasan hormonal dan itu karena kamu mungkin mengalami retensi air yang cukup sering sehingga berat badan bertambah.

Mitos : Pil KB akan membuat kulit tidak sehat dan mudah berjerawat
Fakta : Mitos ini tidak benar sebab pil KB mempunyai kandungan hormon estrogen yang berfungsi menjaga kehalusan dan juga kesehatan kulit

Mitos : Pil KB akan membuat tulang menjadi rapuh
Fakta : Tidak benar karena kandungan dua hormon  yang terdapat pada setiap butir pil KB yang tentunya akan membantu untuk mencegah pengapuran dini pada tulang atau disebut juga dengan osteoporosis

Mitos : Penggunaan Pil KB akan beresiko pada kandungan
Fakta : Tidak benar karena penggunaan pil KB tersebut akan membantu mencegah kehamilan diluar rahim, kista bahkan kanker rahim.

Mitos : Penggunaan pil KB dapat mengurangi kesuburan
Fakta : Tidak benar karena penggunaan pil KB dapat menjaga kesuburan dan jika ingin memperoleh kehamilan cukup menghentikan penggunaannya.


Itulah seputar mitos-mitos yang beredar di masyarakat beserta fakta-fakta mengenai penggunaan pil KB tersebut agar nantinya masyarakat tahu dan bisa meluruskan mitos-mitos yang ada.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan