IBX5828CB0982D9D Hati-Hati Bahaya SBS Pada Saat Menggendong Bayi Dengan Diayun-ayunkan ! Simak Penjelasannya - Vestyles.com

Ratih Alsabbah - Jumat, 08 Mei 2015

Vestyles.com- Terkadang jika anak sedang menangis sang ibu lalu menggendongnya lalu mengayun-ayunkan anaknya untuk menghentikan tangisannya, sering kali juga para ibu menggendong bayinya agar cepat tidur. Tidak cuman itu saja bahkan ada orang tua yang menggendong bayinya untuk dibawa jalan-jalan sambil diayun-ayunkan.

Banyak orangtua yang tidak tahu efek dari menggendong bayi yang salah, hal ini karena kurangnya informasi dan hal tersebut sudah menjadi kebiasaan. Namun ketahuilah mengayun, menggoyangkan atau mengguncang bayi akan memicu masalah yang serius yang efeknya bisa mengakibatkan kerusakan otak atau pendarahan otak dan mata serta penyakit lainnya seperti kelumpuhan, epilepsi, bahkan yang paling berbahaya yaitu bisa menyebabkan kematian. Mungkin orang banyak bertanya-tanya kenapa bisa terjadi hal demikian yang sangat berbahaya padahal menggendong bayi tersebut merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan orangtua, hal ini karena kesalahan menggendong bayi yaitu dengan diayun-ayunkan. Terutama bagi para orangtua yang mempercayakan anaknya ke pada babysitter jika tidak mengetahui ini akan sangat berbahaya.
Menggendong Bayi (c) ciricara.com
Dilansir dari laman klikdokter.com menurut dr. Dina Kusumawardhani mengatakan bahwa mengayun-ngayun atau bahkan mengguncang bayi untuk tujuan menenangkan si bayi ternyata bisa memicu kematian pada bayi. hal ini karena ukuran kepala bayi yang lebih besar dibandikan dengan tubuhnya dan mempunyai leher yang sangat lemah yang akhirnya tidak bisa menahan tekanan akibat guncangan. Karena hal ini otak bayi bisa saja rapuh dan pada saat diayun otak bisa membentur tulang tengkorak dan mengakibatkan lebam, bengkak atau bisa sampai pendarahan di otak atau retina mata. Hal ini yang disebut dengan Shaken Baby Syndrome atau SBS, SBS ini lebih sering menimpa anak-anak yang usianya dibawah 1 tahun karena mereka lebih sering menangis meskipun SBS ini dapat pula menimpa pada anak yang usianya berapa pun itu. Ingatlah para orangtua jika bayi menangis itu biasanya karena mereka lapar, lelah, popok yang basah, ketakutan, sakit, atau bahkan memerlukan perhatian orangtua.

Dan yang perlu diperhatikan lagi seberapun frustasi anda jika sang anak menangis jangan pernah mengayun ataupun mengguncang tubuh si bayi untuk memberhentikannya karena memang pada dasarnya bayi yang sehat itu menangis setiap 2 sampai 3 jam jadi hal yang wajar karena yang mereka butuhkan adalah perhatian dan juga kasih sayang orangtua. Bagi yang mempunyai babysitter untuk memberitahukan informasi ini karena hal ini penting untuk diketahui tentang bahaya shaken baby syndrome ini.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan