IBX5828CB0982D9D Segera Cek Kode Galon Air Minum Anda ! Bahaya Di Balik Kode PET/PETE - Vestyles.com

Ratih Alsabbah - Minggu, 26 April 2015

Vestyles.com - Bagi sebagian masyarakat memang masih belum tahu kode-kode yang harus diperhatikan seperti pada galon air minum. Kebanyakan hanya tahu menggunakannya saja tanpa tahu apa maksud dari kode tersebut dan amankan untuk kita. Perlu diketahui juga bahwa penggunaan galon yang berkode tertentu harus diperhatikan, karena terdapatnya kode pada setiap galon itu agar kita bisa tahu keamanan dari galon yang dipakai.

Tentunya jika kita mengabaikan hal tersebut maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Memang ketika kita sadar memperhatikan lambang di bawah  galon yang ternyata berkode PET  (Polyethylene Terephthalate) atau juga PETE dimana yang biasanya berkode dengan angka 1 di bagian tengah gambar segitiga logo daur ulang jika dipakai terus menerus.
Kode Galon (c) liputan91.blogspot.com

Berikut Yang dilansir dalam laman inviro :

Secara internasional telah diberlakukan peraturan kode dalam kemasan plastik atau galon yang mungkin banyak kita tidak mengetahuinya karena tanda tersebut tentunya berkaitan dengan jenis bahan, baik itu cara pembuatan dan dampak kegunaannya bagi manusia yang dimana kode tersebut dikeluarkan di Amerika Serikat oleh The Society of Plastic Industry pada tahun 1988 dan diadopsi pula oleh lembaga-lembaga yang mengembangkan sistem pengkodean tersebut seperti ISO atau International Organization for Standarizatioan. Dan Umumnya kode-kode tersebut banyak berada di dasar dan bentuknya segitiga yang dimana didalam bentuk segitiga tersebut terdapat angka, serta nama jenis plastiknya di bawah segitiga tersebut, yang perlu diketahui adalah plastik yang mempunyai jenis PET/PETE ini direkomendasikan hanya sekali pakai saja karena bila terlalu sering untuk dipakai apalagi untuk menyimpan air hangat atau bahkan air panas hal ini akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol ataupun galon akan meleleh dan akan mengeluarkan zat-zat karsinogenik yang memicu kanker dalam jangka waktu yang lama penggunaannya.

Pemerintah memang sudah kecolongan terhadap masalah ini karena galon yang berkode PET malah dibawahn kodenya tertera "Kembalikan Untuk Diisi Ulang" padahal ini tidak sesuai dengan rekomendasi yang harusnya dipakai satu kali saja, dan ini merupakan ancaman yang sangat berbahaya bagi masyarakat dalam jangka panjang. Tentunya haruslah kode yang tertera pada galon yang aman dengan standar BPOM atau Badan Pengawas Obat Dan Makanan yaitu kode plastik 7.

Keamanan terhadap galon yang digunakan memang sangat minim jika kita tidak waspada dan mengerti maksud kode tersebut apakah aman jika digunakan berkali-kali atau tidak, dan ini menjadi perhatian pemerintah itu sendiri untuk lebih bertindak menanggulangi masalah yang mengancam masyarakat.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan