IBX5828CB0982D9D Mendengkur Saat Tidur? Inilah Faktor Penyebabnya Dan Atasi Dengan 10 Cara Terbaik Ini - Vestyles.com

Ratih Alsabbah - Sabtu, 11 April 2015

Vestyles.com - Ingin tidur yang tenang dan nyaman tapi dengan mendengar orang mendengkur mungkin sangat mengganggu anda, terlebih itu teman, sahabat atau bahkan pasanganmu, kebayang tidak kalau setiap hari mendengar dengkuran-dengkuran tersebut saat tidur. Dan juga kebiasaan mendengkur terkadang banyak orang tak menyadarinya ketika tidur, terutama mereka yang terganggu dengan dengkuran tersebut akhirnya selalu bangun malam dan tentunya sulit untuk tidur lagi.

Volume dengkuran yang keras yaitu ciri-ciri yang umum dari apnea tidur obstruktif yang mana diderita banyak orang. Masalah seperti ini yang terjadi pada orang yang dimana kekurangan oksigen yang masuk ketubuh ketika mereka akan tidur. Tentunya kita harus mengetahui alasan mengapa anda sering melakukan kebiasaan-kebiasaan mendengkur disaat tidur. Gangguan mendengkur disebabkan oleh menyempitnya saluran udara baik melalui tenggorokan ataupun hidung yang mengatur jumlah oksigen yang akan masuk ke tubuh, suara yang keluar ketika mendengkur dipicu oleh getaran oleh udara karena udara akan berusaha untuk masuk melalui langit-langit di mulut, pada tonsil, uvula, lidah serta otot-otot ditenggorokan.
tidur mendengkur (c) blog.tokopedia.com


Berikut Faktor-faktor yang memicu mendengkur:

1 Faktor Usia
Dengan bertambahnya usia maka tenggorakan akan jadi sempit dan kekuatan otot di tenggorokan akan semakin menurun.

2 Faktor Masalah Di Hidung Dan Sinus
Jika terdapat masalah di hidung anda kemungkinan udara yang masuk akan terhalang dan mengakibatkan proses pernapasan menjadi sulit dan akhirnya bisa memicu mendengkur.

3 Faktor Pola Hidup Yang Tidak Sehat
Hindari mengkonsumsi alkoho dan juga merokok karena akan memicu pengingkatan relaksasi otot yang akan menyebabkan anda menjadi mendengkur serta hindari obat-obatan seperti obat penenang, obat tidur.

4 Faktor Kondisi Tubuh Tertentu
laki-laki mempunyai saluran udara yang sempit dari wanita hal ini sangat memungkinkan sekali laki-laki lebih mudah mendengkur diantara atribut fisik menjadi faktor seseorang mendengkur seperti tenggorokan yang sempit.

5 Faktor Posisi Tidur
Tidur telentang pun dapat menyebabkan anda mendengkur karena daging tenggorokan menjadi rileks dan akhirnya dapat memblokir saluran udara yang akan memicu gangguan tersebut.

6 Obesitas
Jaringan lemak ditubuh dan juga otot yang menjadi lemah berkontribusi akan memicu dengkuran.

Berikut 10 cara yang terbaik anda lakukan karena mendengkur :

1 Lakukanlah olahraga
Selain bermanfaat untuk tubuh, olahraga juga bagus untuk mengencangkan otot di bagian tenggorokan dan solusi dalam mengatasi dengkuran anda.

2 Posisi tidur menyamping
Sebisa mungkin hindari tidur terlentang karena hanya akan membuat lidah dan jaringan di bagian mulut akan semakin menuju kedalam dan akan menyumbat udara yang akan masuk sehingga memicu anda menjadi mendengkur.

3 Hindari minuman beralkohol
Hindari minuman yang beralkohol ataupun obat-obat lainnya seperti obat tidur karena efeknya akan mengendurkan otot-otot tenggorokan yang akan mudah memicu gangguan pernapasan.

4 Pola tidur yang teratur
Atur pola tidur anda dan pastikan waktu tidur anda cukup sehingga menghasilkan kualitas tidur yang baik dan akan mengurangi masalah dengkuran anda.

5 Hindari kebiasaan merokok
Kebiasaan merorok hanya akan membuat gangguan dengkuran menjadi lebih tinggi dan hanya akan memicu penyempitan saluran udara.

6 Hindari kafein dan makanan berat
Sebelum anda tidur sebaiknya hindari konsumsi kafein dan juga makanan-makanan berat lainnya minimal 2 jam sebelum tidur.

7 Jaga udara didalam kamar agar tetap lembab
Jaga kamar anda agar tetap selalu dalam keadaan lembab terutama dengan menggunakan alat pelembab udara, karena jika udara yang kering hanya akan mengiritasi selaput pada hidung dan juga tenggorongan yan hanya akan memberikan peluang gangguan mendengur.

8 Usahakan untuk menurunkan berat badan
Program diet atau dengan berolahraga akan membantu anda mengatasi masalah dengkuran dan akan mengurangi jaringan lemak-lemak di tenggorokan.

9 Posisi tidur dengan kepala lebih tinggi
Posisikan kepala anda lebih tinggi dari badan sehingga akan mempermudah pernapasan.

10 Melakukan latihan tenggorokan
Anda bisa melakukannya selama 30 menit setiap hari yaitu dengan mengucapkan suara vocal seperti a-i-u-e-u berkali-kali yang akan memperkuat otot-otot pada saluran pernapasan di bagian atas.

Itulah faktor yang menyebabkan anda mendengkur dan juga cara yang terbaik yang pastinya harus anda lakukan untuk mengatasi gangguan mendengkur dan tidur pun menjadi nyaman.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan