IBX5828CB0982D9D Inilah 5 Faktor Yang Memicu Munculnya Lebam Atau Bercak Biru Dikulit Secara Tiba-Tiba - Vestyles.com

Ratih Alsabbah - Kamis, 30 April 2015

Vestyles.com - Apakah kamu pernah mengalami bercak biru atau lebam dikaki atau tangan secara tiba-tiba ? Pasti sebagian orang pernah mengalami hal tersebut, terkadang ada yang mengalaminya di bagian kaki, atau tangan yang ditandai dengan lebam atau kebiruan yang lumayan besar di kulit. hal ini yang membuat orang penasaran sebenarnya apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. Bagi sebagian orang berpendapat bahwa gejala tersebut dikait-kaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis atau banyak orang menyebutnya "dijilat setan", padahal belum tentu seperti itu karena dari timbulnya gejala tersebut bisa saja merupakan gejala awal dari suatu penyakit atau bahkan gejala tersebut merupkan gejala awal munculnya penyakit berbahaya karena tidak dipungkiri dalam dunia medis yaitu ditandai dengan lebam atau bercak kebiruan di kulit.

Namun apakah sebenarnya yang menyebabkan gejala tersebut, semakin orang bertanya-tanya namun ada saja yang mengabaikan gejala tersebut karena memang pada dasarnya keadaan seperti itu akan sembuh dengan sendirinya namun kita peru waspada terhadap gejala apa saja yang timbul di kulit kita yang mungkin akan memicu suatu penyakit. Banyak faktor yang menyebabkan gejala demikian, gejala seperti ini bisa dialami anak-anak, orang dewasa ataupun orang tua.
lebam kebiruan (c) infoyunik.blogspot.com
Berikut faktor yang menyebabkan munculnya bercak biru atau lebam secara tiba-tiba seperti dikuti dari sumatracyber:
#1 Hilangkan Anggapan Mistis Soal dijilat Setan
Perlu diketahui lebam seperti ini bisa jadi juga karena adanya penyakit serius seperti hemofilia jadi bukan karena dijilat setan yang yang diyakini banyak orang. Memang ketika orang mengalaminya akan hilang dengan sendirinya. Menurut Prof. Dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD, KHOM sebagai ahli penyakit dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo Jakarta yang dimana dalam dunia medis bercak-bercak seperti itu merupakan penggumpalan darah akibat dari pecahnya dinding pembuluh darah dan biasanya memang ditemukan pada daerah kaki ataupun tangan serta jarang memang tersebar di bagian tubuh lainnya. keadaan seperti ini biasa sering terjadi pada wanita ketimbang pria.

#2 Bisa Akibat Dari Stress Atau Kelelahan
Menurut orang yang telah mengalaminya bahwa yang mengalami gejala tersebut ketika dia stress ataupun kelelahan maka akan timbul bercak tersebut. namun tidak menutup kemungkinan ada hal lain yang menyebabkan hal tersebut. seperti faktor usia juga bisa menyebabkan hal tersebut karena semakin tua seseorang fungsi dari pembuluh darah akan ikut menurun karena lapisan kulit akan
kehilangan banyak jaringan lemak yang berfungsi melindungi pembuluh darah dari benturan.

#3 Karena Efek Obat-obatan
Pengaruh obat juga bisa menimbulkan gejala tersebut seperti dalam situs kesehatan MayoClinic terutama beberapa obat pengencer darah seperti obat warfarin, obat aspirin, obat clopidogrel, obat prasugrel yang dapat memicu peningkatan potensi pendarahan sehingga akan membentuk bercak biru dikulit.

#4 Waspadailah Hemofilia
Waspadalah terhadap gejala hemofilia terutama jika bercak lebam yang terjadi disertai dengan demam kerena hal ini sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat. meskipun bercak tersebut dapat sembuh dengan sendirinya tetapi tetaplah harus berhati-hati jika muncul gejala yang lainnya.

#5 Karena Kekurangan Trombosit
Kondisi sel keping darah ataupun trombosit yang kurang baik bisa menyebabkan munculnya bercak-bercak biru di kulit karena trombosit berperan dalam proses pembekuan darah yang dimana sel darah kecil ini bisa diibaratkan sebagai sumbat yang tugasnya menutup tiap kebocoran yang terjadi pada pembulu darah.


Itulah 5 faktor yang bisa menyebabkan timbulnya bercak lebam atau biru dikulit, untuk itu bagi kamu yang mengalami hal tersebut jangan mudah beranggapan tentang hal-hal mistis, jika memang cukup parah maka periksakanlah ke dokter terdekat dan harus tetap waspada terhadap gejala-gejala yang timbul sekecil apapun dikulit.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan