IBX5828CB0982D9D Dengan Tusuk Gigi Ajaib Dapat Mendeteksi Boraks Pada Makanan ! Simak Ulasannya - Vestyles.com

Ratih Alsabbah - Kamis, 23 April 2015

Vestyles.com - Boraks yaitu senyawa kimia yang berbahaya untuk tubuh, boraks dapat mengembangkan, atau memberi kekenyalan pada bahan yang dicampur dan dapat pula membunuh mikroba. Tentunya bagi pedagang yang nakal dengan menggunakan boraks pada makanan memang sangat menguntungkan namun ini sangat merugikan konsumen serta mengganggu kesehatan mereka, penggunaan boraks ini biasa digunakan pada pembuatan tahu, bakso, mie, kerupuk atau makanan lainnya yang memang peminatnya makanan tersebut sangat banyak.

Penggunaan boraks pada makanan sangat tidak dianjurkan berapapun kadar takarannya buat makanan tersebut karena dilihat dari efeknya yang membahayakan untuk tubuh, dan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM telah melarang penggunaan boraks tersebut untuk makanan.

sibodec (c) nyata.co.id

Saat ini memang banyak makanan yang beredar di pasaran yang mengandung campuran boraks dan ini tentunya sangat meresahkan masyarakat, karena masyarakat yang awam sekalipun akan sulit juga mendeteksi makanan yang mengandung boraks oleh sebab itu harus melakukan uji laboratorium untuk mendeteksi kandungan boraks tersebut. Memang jika menggunakan uji laboratorim hanya akan membuang-buang waktu dan terbilang tidak praktis dan efektif. Tetapi dengan penemuan baru yang ditemukan oleh 2 siswi SMAN 3 Semarang yang bernama Dayu Laras Wening Dan Luthfia Adila ini berhasil menciptakan alat yang sangat mudah penggunaanya dalam mendeteksi makanan yang mengandung boraks dan alat ini sangat praktif dan efektif yaitu hanya menggunakan alat yang menyerupai tusuk gigi yang diberi nama SIBODEC (Stick of Borax Detector), dengan menggunakan SIBODEC ini anda bisa mencoba menusukkan tusuk gigi tersebut kemakanan yang akan diuji apakah terkandung boraks atau tidak, dan jika mengandung boraks maka ujung tusuk gigi yang ditusukkan kemakanan akan berubah menjadi merah, SIBODEC ini dilengkapi dengan bahan kimia yang memang dikhususkan untuk mendeteksi boraks. Dari hasil ciptaan tusuk gigi ini kedua siswi ini berhasil mendapatkan medali emas pada International Exhibition for Young Inventors (IEYI) pada tahun 20014. Tentunya Indonesia sangat bangga sekali dengan bakat mereka karena dapat memberikan solusi terhadap makanan yang banyak beredar dengan kandungan boraksnya sehingga dengan adanya alat tersebut dapat membuat kita lebih waspada lagi terhadap makanan yang dikonsumsi dan setidaknya bagi oknum-oknum yang nakal akan cepat ditindaklanjuti kesalahannya.

Dengan adanya SIBODEC ini diharapkan akan dapat pula dikembangkan karena penggunaannya yang mudah karena siapa saja dapat mencoba uji kandungan boraks pada makanan dan dapat pula dibawa kemana saja jika ingin melakukan uji sampel boraks.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan