IBX5828CB0982D9D 4 Cara Mencegah Pikun Di Usia Yang Tidak Lagi Muda - Vestyles.com

Clara - Rabu, 08 April 2015

Vestyles.com – Setiap tahun umur kita pasti akan bertambah 1 tahun dan setiap penambahan umur kita pasti juga akan diikuti dengan perkembangan-perkembangan pada tubuh kita. Salah satunya adalah pertumbuhan otak, bagi mereka yang masih dikatakan muda maka otak mereka semakin lama akan berkembang. Tetapi bagi mereka yang tidak lagi muda perkembangan otak mereka akan mengalami penurunan.

Pada saat anda berada diumur yang tidak lagi muda khususnya bagi mereka para orang tua yang sudah lanjut usia. Mereka akan kesusahan dalam mengingat hal ini dikarenakan kemampuan otak mereka yang sudah menurun.

Illustrasi Pikun (c) uniqpost.com


Menurut everydayhealth.com ada beberapa cara untuk menjaga agar tubuh tetap kuat dan ingatan yang tajam meskipun anda tidak lagi berada diusia yang muda. Berikut cara-cara yang bisa anda terapkan :

#1. Olahraga Secara Teratur
Dengan rajin melakukan olahraga maka akan membantu menjaga aliran darah ke otak dan juga dapat mengurangi resiko tekanan darah tiggi yang ternyata berkaitan dengan berkembangnya resiko terkena demensia. Selain itu olahraga juga sangat baik untuk menguatkan sistem imun tubh, menjaga tubuh tetap sehat dan dapat mencegah nyeri sendi.

#2. Menjaga Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi
Pada saat kolesterol anda dinyatakan pada fase yang tinggi maka akan mempermudah tubuh anda terserang penyakit serta dapat mempercepat proses penuaan. Bahkan penyakit kolesterol juga dapat meningkatkan resiko terkena demensia.

#3. Mengkonsumsi Makanan Sehat
Buah-buahan dan sayur-sayuran serta ikan sangat terkenal akan khasiatnya bagi tubuh. Dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran serta ikan dapat meningkatkan kemampuan otak dan tubuh. Sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi daging berlemak dan makanan-makanan yang berlemak atau yang digoreng atau yang dimasak menggunakan santan.  Dengan menurunkan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh akan menurunkan resiko penurunan kemampuan otak.

#4. Merangsang Kemampuan Otak
Jika anda merasa bahwa karena anda sudah tua dan tidak perlu lagi untuk mempelajari hal-hal yang baru maka anda salah. Dengan memulai suatu hal yang baru, mempelajari hal-hal yang baru dapat merangsang kemampuan otak anda.  Cobalah untuk melalukan suatu hal yang baru, memulai hobi baru yang tidak pernah anda lakukan sebelumnya, dan juga cobalah untuk banyak bersosialisasi. Dengan mengingat banyak hal-hal maka akan membantu anda untuk mengasah kemampuan otak anda.

Kita memang tidak bisa mengelak dalam masalah umur, semakin bertambahnya umur maka kemampuan otak kita akan berkurang tetapi cobalah untuk hidup sehat dan teratur, perbanyak minum air putih dan hilangkanlah kebisaan buruk seperti merokok dan kebiasaan minuman yang berakohol. Cara-cara diatas bisa anda terapkan dari sekarang sehingga anda dapat tetap sehat dimasa tua anda nanti.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan