IBX5828CB0982D9D Apa itu Bell's Palsy? Waspadai Bisa Menyerang Anda Secara Tiba-tiba - Vestyles.com

Ratih Alsabbah - Jumat, 06 Maret 2015

Vestyles.com - Bell's Palsy, mungkin belum terlalu sering terdengar ditelinga kita nama penyakit bell's palsy itu, terkadang seseorang yang bahkan hidupnya sehat-sehat saja tiba-tiba ketika bangun tidur dia merasa bahwa wajahnya tidak bisa digerakkan sama sekali, biasanya gejala seperti itu yang terjadi, dan apa hubungannya dengan Bell's Palsy, tentu saja itu bisa merupakan gejala dari Bell's Palsy.

Bell's Palsy merupakan suatu gejala klinik penyakit gangguan hanya pada satu syaraf yang menyerang syaraf fascialis, yakni syaraf yang berada di batang otak dan fungsinya untuk mengatur otot pergerakkan organ wajah seperti pergerakan dibagian mulut dan juga mengatur pergerakan kelopak mata yakni memejamkan mata, maupun pergerakan bola mata serta mengatur aliran air mata, yang dimana syaraf ini juga mempunyai serabut yang menuju kekelenjar ludah dan pendengaran.
Bell's palsy (c) ehow.com


Berikut Gejala yang sering terjadi dari penyakit Bell's Palsy yang harus diketahui :
#1 Wajah yang sulit untuk berekspresi karena otot wajah yang lumpuh
#2 Sulitnya untuk menutup kelopak mata dan sulit untuk bersenyum
#3 Bisa terjadi sakit kepala
#4 Yang dimana pada sisi wajah yang terdeteksi akan mudah sensitif pada suara
#5 Dari bagian wajah yang lumpuh maka penderita biasa akan kehilangan kemampuannya terhadap indera pengecapnya
#6 Adanya rasa nyeri di bagian telinga maupun disekitar rahang

Penyebab Bell's Palsy itu ada beberapa hal yakni bisa karena terlalu lama pada saat bekerja didepan monitor, seringnya terkena udara dingin dalam ruangan dalam waktu yang lama, sering terkena angin malam ketika dalam berkendara dengan motor, bisa karena benturan keras yang mengakibatkan kerusakan jaringan syaraf, stress di bagian otot leher maupun demam tinggi, hal ini juga terjadi karena lemahnya sistem otot pada tubuh.

Tetapi jangan khawatir dengan penyakit ini, karena penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya karena sifat penyakit ini yang self limiting disease, namun jika pola hidup yang tidak sehat bisa saja terjadi yang tidak diinginkan, oleh karena itu intinya tetap jaga pola hidup sehat. Namun jika gejala penyakit ini ada pada anda sebaiknya bisa segera berkonsultasi langsung kedokter agar oleh dokter bisa melakukan pemeriksaan untuk membenarkan diagnosanya dan jika benar maka akan diberikan fisioterapi dan obat-obatan. Atau bisa juga selalu melatih wajah 2-3 kali sehari karena dengan gerakan tersebut akan membantu merangsang otak agar memberi sinyal menggerakkan otot wajah jika terjadi kelumpuhan seketika atau mengkompres wajah dengan air hangat agar aliran darah lancar pada wajah.


Tips mulailah lindungi leher anda dengan syal jika terhadap hawa dingin  dan janganlah duduk dibagian spot yang terkena langsung dengan angin AC ataupun mengarahkan langsung didepan muka anda, hal ini sering terjadi jika kita berkendara dengan mobil maka sebagian orang juga akan tidak sadar mengarahkan AC mobil kearah muka ataupun badan , hal ini setidaknya agar dihindari untuk tidak menyebabkan efek buruk.

Itulah ulasan tentang apa itu bell's palsy karena penyakit ini juga bisa datang tiba-tiba pada kita jika kita tidak menyadarinya oleh karena itu agar tetap waspada.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan