IBX5828CB0982D9D Ternyata Sering Menggunakan Gadget Bahaya Bagi Kesehatan - Vestyles.com

Clara - Jumat, 27 Februari 2015

Vestyles.com – Text Neck Syndrome merupakan istilah yang tengah populer di Amerika Serikat. Sindrom ini merupakan kondisi dimana seseorang tersebut menderita cedera leher akibat terlalu sering menunduk saat melihat gadget mereka. Sindrom ini dapat terjadi akibat cedera stress yang berulang dimana anda sering mengarahkan kepala anda ke depan bawah untuk melihat gadget yang anda gunakan sepanjang waktu.

Karena sering menunduk terlalu lama saat menggunakan gadget, hal ini dapat menyebabkan nyeri dibahu, leher bahkan dapat menyebabkan sakit kepala kronis yang lama. Ini dikarenakan terlalu seringnya anda menjulurkan leher anda kearah depan, sehingga menyebabkan leher anda menompang beban yang berat.

Illustrasi Text Neck Syndrome (c) dynamicstrength.com

Konsultan Senior dr. Tan Kian Hian di Departemen Anestesiologi dan Direktur Central Disease, Rumah Sakit Umum Singapura (SGH) menjelaskan bahwa pada saat anda melakukan posisi melihat gadget, maka kepala anda berada jauh dari posisi netral yaitu pada saat telingan dan bahu sejajar, berat kepala anda secara dramatis akan meningkat yang tentu saja jika hal ini berlangsung lama maka akan menimbulkan tekanan pada otot leher dan pundak sehingga menyebabkan sakit kepala.

Jika hal ini berlangsung terus-menerus makan kondisi text neck syndrome ini dapat menimbulkan kerusakan permanen yang parah. Jika tidak segera diobati maka akan menyebabkan peradangan pada otot-otot leher, ligamen dan saraf, serta dapat meningkatkan kelengkungan pada tulang belakang.

Untuk mengurangi rasa sakit otot dan ketidaknyamanan agar tidak memperparah keadaan anda ada baiknya untuk mengubah postur tubuh harian anda dan gaya hidup anda. Beristirahat sejenak dengan tidak menggunakan gadget anda setiap 15 menit, melihat keatas dan menggerakan leher kembali ke posisi netral. Bisa juga anda memegang ponsel  gadget anda lebih tinggi sehingga dapat mensejajarkan mata dan otot leher anda. Melakukan latihan yoga atau pilates juga bisa dijadikan pilihan. Memusatkan perhatian pada pengaturan postur yang tepat. Jika setelah mencoba hal-hal tersebut tetapi tidak mengurangi rasa sakit yang anda derita sebaiknya segeralah pergi ke dokter untuk pemeriksaan medis lebih lengkap. 

Gadget memang merupakan benda yang diperlukan untuk membantu tugas anda, tetapi ada baiknya anda juga tetap memperhatikan kesehatan anda. Tidak selalu terus menerus menggunakan gadget anda terlebih jika anda selalu menggunakanya tanpa  jeda dan tidak memperhatikan kesehatan anda sendiri. Jika anda lebih memperhatikan pola hidup anda tentu saja anda akan merasa lebih baik dan juga sehat.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan