IBX5828CB0982D9D Ketahuilah Efek Buruk Membersihkan Telinga Setiap Hari - Vestyles.com

Ratih Alsabbah - Minggu, 15 Februari 2015

Vestyles.com - Hal yang sering dilakukan bagi setiap orang yaitu membersihkan tubuhnya agar tampak bersih dan segar terutama pada bagian - bagian tertentu, karena tubuh yang bersih itu sangat diinginkan bagi setiap orang terutama jika kita rajin untuk membersihkannya. untuk sebagian orang yang sangat mencintai keindahan tubuhnya maka dia akan sangat rajin untuk membersihkan dan juga merawat tubuhnya tersebut agar terlihat menarik.

Namun perlu diketahui membersihkan anggota tubuh jika terlalu sering akan berefek buruk terutama pada bagian tubuh yang sangat penting yaitu telinga  sebagai alat pendengaran bagi kita, oleh karena itu telinga harus dijaga terutama kebersihannya namun banyak orang tidak mengetahui dengan benar berapa kali kita harus membersihkan telinga dan terkadang oleh sebagian orang melakukannya rutin setelah mandi.

Ilustrasi Membersihkan Telinga (c) cdn.klimg.com
Perlu diketahui juga pada lapisan telinga mempunyai kelenjar khusus yang akan menghasilkan kotoran telinga yang disebut dengan serumen, namun terdapat pula rambut-rambut halus yang akan melindungi telinga dari kotoran dari luar telinga. bagi sebagian orang adanya kotoran telinga mungkin sangat menggangu dan ingin membersihkannya, namun jika membersihkan telinga terlalu sering akan mempunyai efek buruk terutama akan membentuk liang telinga akan kering dan bisa terasa gatal-gatal  serta mudah terinfeksi bakteri dari luar telinga yang masuk apabila jika tidak selektif menggunakan alat membersihkan telinga, terutama jika kotoran telinga berbentuk keras dan padat sebaiknya tidak menggunakan cotton bud karena hal ini akan membuat kotoran telinga terdorong masuk kedalam liang telinga.

Sebenarnya kotoran pada telinga tidak perlu dibersihkan karena secara alaminya  saluran didalam telinga dapat membersihkan dengan sendirinya yang dikatakan sebagai imigrasi dari gendang telinga ke telinga pembukaan bagian luar hal ini akan membuat kotoran telinga dibagian dalam akan terangkat kebagian luar dan biasanya terangkat dalam bentuk serpihan-serpihan kering. Jadi tidak perlu khawatir jika telinga kita kotor, dan jika ingin tetap membersihkannya lakukanlah paling tidak 3 kali seminggu serta membersihkanya jangan terlalu lama. Apabila kotoran telinga sudah mengganggu pendengaran akibat kotoran terlalu banyak yang bisa saja terjadi kotoran terdorong akibat alat pembersih yang tidak tepat sebaiknya konsultasikan kedokter serta dengan perawatannya dan jangan membersihkannya sendiri.

Itulah seputar efek buruk bagi yang sering membersihkan telinga setiap hari. membersihkan sebagian anggota tubuh itu sangat dianjurkan namun setidaknya kita perlu mengetahui seberapa kali kita harus membersihkannya karena hal kecil saja bisa berakibat fatal apalagi itu menyangkut bagian anggota tubuh yang sangat penting.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (0)
Komentar

Tidak ada komentar:

Don't Miss

Jangan Lewatkan