IBX5828CB0982D9D Inilah 9 Fakta Kesehatan Dari Posisi Tidur Miring Kekanan - Vestyles.com

Ratih Alsabbah - Senin, 23 Februari 2015

Vestyles.com - Pastinya untuk semua orang tidur merupakan hal yang biasa dilakukan baik disaat tubuh lelah karena berbagai aktifitas maupun biasa dilakukan pada waktu malam hari seusai aktifitas. Pada dasarnya jika seseorang tertidur maka kebanyakan tidak menyadari posisi tidur mereka, karena sebenarnya  posisi tidur seseorang akan berpengaruh pada kesehatan.

Posisi yang dianjurkan saat tidur sebaiknya tidur dalam posisi miring kekanan, hal ini karena tidur dengan posisi miring kekanan akan mempunyai efek positif bagi kesehatan seseorang.



Inilah 9 fakta kesehatan dari posisi tidur miring sebelah kanan.

#1 Dapat Mengistirahatkan Otak Kiri
Otak manusia pada dasarnya mempunyai 2 bagian yakni otak kiri dan otak kanan. dimana saat seseorang tidur miring kekanan maka otak kiri mensarafi organ tubuh bagian kanan dan hal ini dapat menghindari dari bahaya-bahaya yang muncul seperti penyempitan pembuluh darah, asam sisa oksidasi, lemak dan pengendapan pembekuan darah.

#2 Dapat Mengurangi Beban Jantung
Jika tidur dalam posisi miring sebelah kanan maka dapat aliran darah akan terdistribusi merata serta terkonsentasi ke tubuh bagian kanan. Dimana aliran darah yang masuk serta keluar maka jatung akan melambat dan denyut jantung lebih lambat serta tekanan darah akan menurun.

#3 Dapat Mengistirahatkan Lambung
Makanan yang dicerna oleh lambung yang bercampur dengan asam lambung diperut akan terganggu jika seseorang tidur dalam posisi miring ke kiri serta dapat memperlambat proses pengosongan lambung , oleh karena itu sebaiknya tidur dengan posisi miring kekanan.

#4 Dapat Mencegah Batu Kantung Empedu
Tentunya dengan tidur posisi miring kekanan akan mencegah batu kantung empedu hal ini karena jika tidur dalam posisi tersebut akan memperlancar aliran chiem atau makanan yang dicerna lambung yang bercampur dengan asam lambung) serta meningkatkan cairan empedu.

#5 Dapat Meningkatkan Waktu Penyerapan Gizi
Dimana saat kita tidur bisa terjadi peningkatan pergerakan usus yang dimana jika kita tidur posisi miring kekanan akan memproses perjalanan makanan yang dicerna lebih lama agar penyerapan sari-sari pada makanan yang dicerna lebih optimal.

#6 Dapat Merangsang Buang Air Besar
Dalam posisi tidur miring kekanan dapat merangsang gerak usus besar sehingga dalam proses pngisian usus besar akan lebih cepat terisi dan lebih relaksasi dari otot anus sehinggan akan merangsang buang air besar.

#7 Dapat Mengistirahatkan Kaki Kiri
Jika kita mempunyai aktifitas yang banyak cenderung menggunakan kaki sebagai pusat pembebanan sehingga kita akan mudah merasa pegal, yang dimana pada posisi tidur miring kekanan ini juga dapat membantu pengosongan vena pada kaki kiri yang terasa
pegal agar cepat hilang.

#8 Dapat Menjaga Kesehatan Paru-paru
Paru-paru kanan itu lebih besar dari paru-paru kiri sehingga jika kita tidur miring kekanan maka posisi jantung akan condong kekanan dan dalam hal ini tidak masalah jika menekan paru-paru yang ukurannya lebih besar dari kiri.

#9 Dapat Menjaga Saluran Pernapasan
Tidru mirng kekanan bisa mencegah jatuhnya pangkal lidah yang bisa mengganggu saluran pernapasan.

Itulah 9 manfaat dari posisi tidur sebelah kanan oleh karena itu sebaiknya membiasakan diri tidur dalam posisi tersebut untuk memperoleh posisi tidur yang sehat



«
Next
Posting Lebih Baru
»
Prev
Posting Lama
Komentar (3)
Komentar
  1. Tidur miring kanan, tapi gambarnya kok miring kiri. Kurang pro neh.

    BalasHapus
  2. nice artikel..
    tidur pun juga harus ada aturanya

    BalasHapus

Don't Miss

Jangan Lewatkan